More

    Fenomena Langka, Kota Ditutupi Busa Akibat Badai Ophelia

    Matahari menjadi memerah, burung terbang berputar-putar secara misterius sesaat sebelum badai Ophelia menyerang. Badai yang membuat kota langit Cleveleys Lancashire ditutupi busa ini dikategorikan sebagai badai dengan kategori 1.

    Angin yang bertiup demikian kencang dan busa yang berbuih-buih dari laut membuat jalanan bahkan bangunan yang ada di kota ini tertutupi busa. Hal ini membuat kondisi mengemudi menjadi sulit.

    Keanehan ini terjadi sekitar 6 km sebelah Utara Blackpool dan yang terekam sebagai bagian dari amukan badai Ophelia di Irlandia dan Inggris. Pada Senin pagi, 16 Oktober 2017, badai ini terjadi di Country Kerry, Irlandia Barat dan memukul negara ini dengan hembusan angin yang mencapai 100 mph.

    - Advertisement -

    Badai Ophelia menjadi semakin intensif dan digolongkan ke kategori 3. Badai ini sedang berputar di atas Azores dan melintasi Atlantik menuju Inggris.

    Para ahli mengklaim, badai paling Timur mampu mencapai cekungan Atlantik. Hal ini tak pernah lagi terjadi sejak badai Frances di tahun 1980 dan Badai Debbie pada tahun 1961. Badai Debbie dikenal sebagai salah satu badai terburuk yang menewaskan 12 orang.

    Pekan ini, kekuatan angin di Irlandia telah mencapai peringatan lampu merah. Sekolah-sekolah tutup dan semua jaringan dan sara taransportasi umum terganggu.

    Meski badai ini terlihat mulai melemah, namun Irlandia tetap mempersiapkan diri untuk kejadian terburuk. Sekitar 2000 rumah di Wales masih tanpa arus listrik.

    Pada hari Selasa 17 Oktober silam, peringatan cuaca masih ada pada lampu kuning. Angin masiah tetap berputar-putar di sekitar Irlandia Utara, Skotlandia Selatan dan Tengah, bagian Utara Inggris dan Barat Laut Wales.

    Setidaknya ada 1000 tentara yang telah dikirimkan ke daerah-daerah yang terkena dampak. Saluran listrik dan jalan-jalan masih diblokir terutama karena puing-puing bangunan dan pohon tumbang yang berterbangan.

    Perdana menteri Irlandia, Leo Varadkar mengumumkan darurat nasional dan mengatakan bahwa ini adalah badai terburuk dalam setengah abad. Setidaknya ada 3 orang tewas dalam badai Ophelia, termasuk seorang perempuan yang mobilnya terhantam pohon tumbang di Waterfod.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here