More

    Cahaya Bioluminescence Pukau Pengunjung Pantai NSW

    Kilauan laut di Vincentia, Jervis Bay, menarik puluhan warga yang ingin menyaksikan fenomena alam ini secara langsung. Foto: David Finlay

    Seorang astronom amatir, berhasil mengabadikan kehadiran bioluminescence atau mahluk hidup sejenis ganggang di Jervis Bay, New South Wales, Australia. Bioluminescence tersebut didapati sedang memancarkan cahaya di perairan pantai.

    Dialah David Finlay, yang mengabadikan fenomena tersebut. Ia adalah satu dari lebih dari 60 orang pengunjung yang sengaja khusus datang ke pantai malam itu dan menyaksikan cahaya dari noctiluca scintillans atau kilauan laut, menerangi bagian tepi pantai.

    David mengatakan, para pengunjung pantai hampir tidak percaya dengan apa yang mereka saksikan. Mereka tercengang.

    - Advertisement -

    “Ada kegembiraan kekanak-kanakan sepanjang malam,” katanya.

    David menjelaskan, noctiluca scintillans  atau kilauan laut adalah ganggang bersayap, bersel satu atau plankton yang dapat menghasilkan cahaya ketika terganggu. Mereka kebanyakan hanya dapat disaksikan pada perairan pantai, terutama di sekitar mulut sungai, dan dapat muncul di sepanjang waktu sepanjang tahun.

    Astronom amatir David Finlay berhasil memotret gambar fenomena bioluminescence, sejenis ganggang atau plankton yang mengeluarkan cahaya di Jervis Bay. Foto : David Finlay

    Biasanya, kata David, Jervis Bay dan daerah sekitar Hobart di Tasmania dikenal karena fenomena itu. Namun menurutnya pertunjukan cahaya pada Jumat malam itu adalah yang paling terang yang pernah dilihatnya.

    “Bayangkan ganggang dengan cahayanya yang berpendar menetes dari jari-jari Anda. Aku mencelupkan tanganku ke dalam air pada satu titik dan ketika saya menarik tangan saya, seluruhnya ditutupi oleh cahaya neon berwarna biru. Sulit dipercaya.”

    David mengungkapkan, gangang kilauan laut ini tumbuh lebih terang saat air laut pasang, dan fenomena itu berlangsung selama empat hingga lima jam. Para pengunjung pantai mulai menyebutnya sebagai “pesta bioluminescence” mereka sendiri.

    Mantan ahli kimia industri mengatakan dia punya teman yang berencana untuk melakukan perjalanan ke Teluk Jervis dengan harapan dapat menangkap tontonan yang sama, tetapi penampakan fenomena itu sangat bergantung pada kondisi cuaca, termasuk angin.

    “Ini adalah sihir nyata dalam kehidupan yang orang-orang harus nantikan. Orang-orang mulai menyadari sains adalah hiburan,” kata David.

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here