More

    Sering Digunakan Sebagai Kado Valentine, Ini Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

    Ilustrasi : Gambar : Twix Bitten

    Siapa yang tidak tahu cokelat? Rasanya yang lezat membuat hampir semua orang dari anak-anak hingga dewasa menyukainya.

    Tak cuma sekedar enak, bagi banyak orang coklat sering dianggap sebagai simbol cemilan untuk mengungkapkan kasih sayang. Tak ayal, pada hari valentine yang jatuh pada tanggal 14 Febuari, orang-orang memberikan kado cokelat untuk orang terkasih.

    Namun tahukah kamu makanan yang diolah dari biji kakao ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian menyebutkan cokelat bermanfaat menghindari seseorang terkena penyakit jantung, pembuluh darah, diabetes, dan lain sebagainya.

    - Advertisement -

    Berikut adalah manfaat mengonsumsi cokelat bagi kesehatan :

    Cegah Radikal Bebas

    Banyak orang mengakui rasa cokelat enak. Namun tak sekedar enak, cokelat memiliki antioksidan yang tinggi. Itu karena, di dalamnya ada zat yang dinamakan flavonoid, senyawa yang terbentuk secara alamiah pada makanan nabati serta bertindak sebagai anti oksidan. Senyawa ini membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

    Baik Untuk Diet

    Masih bingung ingin mengurangi berat badan? Jawabannya adalah mengonsumsi cokelat. Pada riset yang dilakukan University of Copenhagen menyimpulkan kalau coklat hitam memberi perasaan yang lebih kenyang seperti khasiat jambu biji serta manfaat apel. Artinyacoklat cukup efektif untuk bantu menurunkan berat tubuh.

    Kurangi Risiko Sakit Jantung

    Usir kolestrerol jahat kamu dengan makan cokelat. Cokelat mampu meningkatkan HDL alias high-density lipoprotein yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. Cokelat juga sekaligus dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

    Tak hanya itu saja, cokelat hitam juga  dapat memperlambat pembekuan trombosit dalam darah. Sehingga memperlancar aliran darah, untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

    Cegah Stress atau Depresi

    Bila kamu sedang stress cobalah untuk mengonsumsi cokelat hitam. Karena berdasarkan penelitian ACS’ Journal of Proteome Research, coklat mampu mengurangi tingkat stress. Dalam penelitian itu disebutkan, memakan 1 ons  cokelat hitam sehari selama 2 minggu dapat meredakan stress.

    Adalah polyphenol sebagai pemicunya. Selain itu juga cokelat merupakan sumber potensial dari serotonin, dopamin, dan phenylethylamine yang dapat membantu untuk pencegahan depresi.

    Bikin Happy

    Apakah kamu merasa senang setelah minum cokelat. Itu, karena coklat dapat merangsang produksi endorfin dalam tubuh. Tentunya memberikan transmisi perasaan yang baik untuk otak dan membantu memperbaiki suasana hati dan bikin happy.

    Silahkan mencoba..

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here