More

    Marak Tawaran Jasa Membuat Tugas Kuliah Bagi Mahasiswa China di Australia

    ABC AUSTRALIA

    Mahasiswi asal China Joyce Fung menghabiskan waktu selama enam bulan untuk menelusuri salah satu sisi gelap yang terjadi dalam industri pendidikan di Australia. Yaitu, maraknya jasa pembuatan tugas kuliah bagi mahasiswa asal China, yang kemampuan bahasa Inggrisnya tidak memadai. Berikut ulasannya.

    Di sebuah toilet kampus Monash University di Melbourne, saya pernah melihat iklan dalam bahasa Mandarin menawarkan jasa membuatkan esai yang di tempel di pintu.

    - Advertisement -

    Setiap kali saya melihat di media sosial China, iklan serupa juga bermunculan.

    Mahasiswa internasional yang kesulitan dengan bahasa Inggris bisa membayar sehingga tugas esai mereka bisa dibuatkan oleh ‘penulis gelap.’

    Dua setengah tahun lalu, saya tiba di Melbourne dari Shanghai untuk melanjutkan S2 di bidang jurnalistik.

    Dengan mutu pendidikan yang tinggi, saya pada awalnya menduga lingkungan pendidikan di sini akan terbuka dan penuh kejujuran.

    Namun yang saya temukan adalah adanya industrri yang menawarkan jasa-jasa untuk membuatkan tugas-tugas kuliah.

    Melihat berbagai postingan dan iklan yang ada di app media sosial China WeChat, tampaknya sasaran pasar mereka adalah para mahasiswa China, yang merupakan mahasiswa asing terbanyak di Australia.

    Bagaimana menemukan penulis gelap

    Kalau anda mencari di internet dengan kata-kata ‘Australian universities ghostwriting’ dalam bahasa Mandarin, maka akan banyak ditemukan situs yang menawarkan jasa penulisan atau tugas kuliah lain.

    Di Google saja ada sekurangnya 34 situs.

    Semuanya menjanjikan bisa membantu menyelesaikan tugas kuliah, tentu saja dengan bayaran tertentu.

    Salah satu yang terbesar adalah Meeloun Education yang mengatakan memiliki lebih dari 450 penulis gelap (dengan 53 persen diantaranya menyelesaikan pendidikan S2 di luar China) yang sudah menyelesaikan lebih dari 30 ribu tugas kuliah antara tahun 2009 sampai 2018.

    Didirikan di China, Meeloun Education beroperasi di 10 negara termasuk di Australia.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here