More

    Tak Sakit, Tak Perlu Pakai Masker

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Pasca Presiden Joko Widodo mengumumkan dua warga Depok positif terjangkit virus corona (Covid-19), sebagian masyarakat menjadi panic. Mereka pun memborong masker secara berlebihan. Padahal menurut, dr. Riris Andono Ahmad, MPH, PhD., Koordinator tim respons COVID-19 UGM, bagi yang tak sakit tak perlu pakai masker, karena virus ini tidak menular melalui udara secara langsung.

    “Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menyikapi kejadian ini mengingat COVID-19 bisa dicegah,” ungkapnya di dalam konferensi pers di UGM, Selasa (03/03/2020).

    Ia menjelaskan, penularan virus corona COVID 19 terjadi melalui droplet atau cairan tubuh yang bisa terpercik pada seseorang atau pada benda-benda di sekitarnya pada jarak 1-2 meter melalui batuk atau bersin. Sehingga, penggunaan masker diperlukan justru oleh orang yang sakit untuk mencegah percikan tersebut.

    - Advertisement -

    “Jadi secara umum penyakit ini lebih banyak menular melalui model penularan seperti itu. Karena itu, penyakit ini lebih efektif dicegah dengan cuci tangan dengan sabun antiseptik atau cairan pembersih tangan yang berbasis alkohol,” imbuhnya.

    Menurut dr. Riris kunci pencegahan penularan virus ini terletak pada perilaku hidup sehat, seperti mencuci tangan, konsumsi makanan sehat, serta olahraga dan istirahat yang cukup.

    Gejala Virus Covid 19

    Satu dari enam orang yang terinfeksi COVID-19 akan mengalami gejala sakit yang berat hingga kesulitan bernafas. Sebagian besar penderita yang mengalami keparahan adalah orang berusia lanjut dan memiliki riwayat penyakit lain seperti hipertensi, penyakit jantung, atau diabetes.

    Riris menambahkan, dibandingkan dengan beberapa penyakit yang juga disebabkan oleh virus corona, seperti SARS dan MERS-Cov, COVID-19 memiliki tingkat fatalitas yang lebih rendah. COVID-19 angkanya sekitar 2 persen, jauh lebih rendah dibandingkan dengan SARS yang bisa mencapai 10 persen.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here