More

    Full Moon Berselimut Awan di Langit Bandung

    Fenomena Full Moon nampak dari langit Kota Bandung. Gambar ini diambil sekitar puku 05.00 WIB hingga 05.30 WIB, Senin, (06/07/2020).

    Kejadian Menarik Malam 5-6 Juli 2020

    Dibalik gambar full moon, ada fenomena menarik yang terjadi pada malam tersebut. Fenomena tersebut adalah Bulan Purnama, Gerhana Bulan Penumbra, dan Konjungsi atau kesejajaran Bulan dan Jupiter.

    - Advertisement -

    Berikut penjelasan rinci dari para ahli:

    Bulan purnama

    Berdasarkan keterangan tertulis dari Lembaga Penerbangan dan Antariksan Nasional (Lapan) seperti yang ditulis kompas, fase purnama ini sebenarnya telah terjadi pada pukul 11.44 WIB. Fase ini dikenal suku-suku asli Amerika awal sebagai Bulan Purnama Penuh, karena rusa jantan mulai menumbuhkan tanduk baru mereka pada saat ini.

    Selain itu juga, bulan purnama di Bulan Juli ini disebut juga dengan Bulan Guntur Penuh dan Bulan Wort Penuh. Ketika purnama terjadi, Bulan akan berjarak 379.148 kilometer dari Bumi (pusat ke pusat) dengan diamater tampak sebesar 31,5 mnenit busur.

    Gerhana Bulan Penumbra (GBP)

    Gerhana Bulan Penumbra (GPB) ini mulai terjadi pada pukul 10.28 WIB. Waktu kejadiannya hampir bersamaan dengan Bulan Purnama, akan tetapi tidak dapat diamati dari seluruh Indonesia. Magnitudo gerhana hanya 35 persen sehingga dengan teleskop pun akan sulit diidentifikasi kecuali oleh pengamat yang berpengalaman. Untuk diketahui, GBP ini menjadi kali ketiga dari empat gerhana bulan di tahun 2020.

    Konjungsi Bulan-Jupiter

    Sedikit berbeda dengan dua fenomena langit sebelumnya, konjungsi atau kesejajaran bulan dan Jupiter ini akan terjadi pada tanggal 5 dan 6 Juli 2020. Itu berarti, fenomena gerhana bulan penumbra dan bulan purnama hanya bisa Anda saksikan hingga malam ini.

    Sementara kesejajaran Bulan-Jupiter bisa Anda saksikan hingga esok hari. Waktu terbaik mengamati fenomena ini adalah ketika fajar bahari atau nautika, yaitu sekitar pukul 05.00 WIB, dengan jarak pisah 2 derajar dan pisisi Jupiter berada di sebelah Utara atau kanan dari Bulan.[]

    FOTO : FAUZAN S.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here