More

    Keunikan Air Terjun Bertingkat “Aek Sijorni”

    Oleh: Indra Kurniawan Siregar*

    Air Terjun Aek Sijorni. (Foto: aeksijorni.com)

    Air terjun Aek Sijorni memiliki keindahan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, karena karakternya yang bertingkat. Air terjun ini mengalir di atas bebatuan cadas yang bertingkat dengan ketinggian sekitar 10 meter dan dengan permukaan pasir berwarna putih. Pengunjung dapat bermain air di setiap tingkatannya.

    Terdapat 2 aliran pancuran yang mengalir. Aliran airnya deras. Uniknya aliran airnya tidak berubah meskipun pada saat musim kemarau. Sedangkan pada musim hujan, airnya tetap jernih, beda dengan umumnya air terjun yang keruh pada saat musim hujan.                  

    - Advertisement -

    “Aek” berarti “air” dan “Sijorni” artinya “jernih”, diambil dari bahasa Batak. Sesuai namanya air terjun Aek Sijorni ini memang sangat indah, jernih dan dapat memanjakan mata. Dikelilingi perbukitan dengan banyak pohon kelapa yang mengitarinya membuatnya jadi sangat asri dan sejuk.

    Air Terjun Aek Sijorni merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayuran Tinggi. Satu jam kurang lebih dari Padang Sidempuan. Kalau dari Medan kurang lebih 12 jam.

    Wisata Air Terjun Aek Sijorni dibuka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp. 20.000 untuk anak-anak dan Rp. 30.000 untuk dewasa. Namun banyak yang mengeluhkan retribusi liar parkir pada saat musim libur tiba, seperti pada saat lebaran dan tahun baru. Per mobil bisa dikenakan Rp. 50.000. Situasi ini tentunya harus jadi perhatian Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.

    Saat ini di kawasan Air Terjun Aek Sijorni telah dibangun juga water park dan kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa tepat di samping air terjun. Tentu saja air di waterr park dan kolam renangnya adalah air yang sama dengan air terjun Aek Sijorni yang segar. Untuk anak-anak juga disediakan berbagai wahana bermain di area depan.

    *Penulis adalah mahasiswa Hubungan Internasional, UPN Veteran Jawa Timur di bawah asuhan Dosen Resa Rasyidah, S. Hub., M.Hub.Int.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here