More

    Banda Neira: Hidden Historical Tours

    Oleh: Syafira Maharani Suara*

    Pulau Banda Neira. (Foto: Tangkapan layar Google Maps)

    Banda Neira merupakan salah pulau yang ada di Maluku Tengah. Di sana ada tiga pulau besar yaitu pulau Walang, Neira, dan Gunung Api. Di Walang sendiri hanya sebagai tempat tinggal warga karena semua warga lebih memilih bekerja atau membuka usaha di Neira. Gunung Api sendiri merupakan sebutan warga untuk pulau yang mempunyai gunung api di dekat pulau Neira. Tidak ada nama khusus untuk pulau itu, dan warga hanya memanggilnya dengan sebutan Gunung Api.

    Yang menjadi daya tarik Banda selain pulau dan pantai yang indah adalah wisata sejarahnya yang masih sangat terjaga. Bahkan sampai saat ini rumah-rumah yang dibangun pada masa pejajahan masih berdiri kokoh dan menjadi rumah warga. Berikut 5 destinasi wisata bersejarah di Banda adalah sebagai berikut.

    - Advertisement -

    1. Benteng Belgica

    Benteng Belgica (Kemendikbud).

    Benteng ini sendiri terdapat di Neira. Pada awalnya benteng ini dibangun oleh Portugis, tetapi sejak kedatangan VOC, mereka membangun kembali benteng ini dan menambah beberapa ruangan bawah tanah atas perintah Gubernur Jendral Pieter Both. Benteng ini memiliki bentuk seperti istana dan masih berdiri kokoh hingga saat ini karena terus direnovasi. Sejak Belanda mundur, benteng ini sering direnovasi sampai jadi seperti yang sekarang. Saat memasuki benteng ini tidak diminta tarif yang banyak. Penjaganya hanya meminta tarif seikhlasnya sebagai biaya perawatan dan pembersihan.

    2. Benteng Nassau

    Benteng Nassau (Foto: Triptrust via alif.id).

    Benteng ini juga masih dibangun oleh portugis tetapi tidak selesai karena perlawanan dari warga. Benteng ini akhirnya menjadi pusat monopoli perdagangan rempah-rempah oleh VOC. Kondisi benteng ini tidak seterawat benteng Belgica karena tidak adanya penjaga dan biasanya benteng ini dijadikan warga untuk tempat ternak sapi karena sering ditumbuhi rumput yang panjang.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here