More

    Keunikan Pariwisata Alam Tangkahan

    Oleh : Nove Rina Br Ginting*

    Sumatera adalah salah satu pulau yang terbesar di Indonesia, pulau Sumatera memiliki potensi untuk dikembangkan khususnya adalah Sumatera Utara. Sumatera Utara memiliki potensi besar dan jumlah objek wisata untuk dikembangkan dalam pariwisata. Wisata yang ada di Sumatera Utara sudah banyak yang memiliki kelas Internasional sehingga banyak di kunjungi oleh wisata asing serta dapat dukungan dari airport yang semakin berkembang atau semakin maju.

    Salah satu produk wisata alam yang menjadi primadona pariwisata alam di Sumatera Utara adalah Pariwisata Alam Tangkahan yang diluncurkan di bulan Februari 2004. Potensi yang terlihat dari sumber daya alam yang terdapat di wisata Tangkahan merupakan ekowisata yang menakjubkan. Ada beragam flora dan fauna, fenomena alam dan kekhasan jenis tumbuhan berupa Kantorng Semar, Rafflesia, Amorphophalus Sp, Damar, Meranti, Mayang.

    - Advertisement -

    Sedangkan fauna yang terdapat di kawasan ini berupa Gajah, Orangutan, Kera Ekor Panjang, Harimau, Babi Hutan, Burung Kukau, dan lainnya. Oleh karena itu, Tangkahan dijuluki turis sebagai surga tersembunyi karena tidak banyak yang tahu ekowisata di Kabupaten Langkat, sumatera Utara ini. 

    Berikut merupakan keunikan dan daya tarik dari Tangkahan:

    Wisata Atraksi Gajah 

    Wisatawan bermain bersama gajah Tangkahan. (Foto: instagram/tomsonsn via travel.tribunnews.com)
    Menyusuri sungai dengan menaiki gajah di Tangkahan. (Foto: travel.wego.com)

    Tangkahan yang dikenal sebagai tempatnya gajah-gajah liar yang merupakan kegiatan unik yang jarang ditemukan di tempat wisata lain. Kegiatan unik dengan memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk memandikan gajah dan menungganginya sambil menjelajah hutan. Sungai yang berada di sini juga sangat jernih dan masih terjaga kejernihannya.

    Air Terjun Tangkahan

    Wisatawan menikmati Air Terjun Tangkahan. (Foto: rayadventure.com)

    Air terjun yang berlokasi di tengah hutan ini memiliki keunikan dan keindahan alam yang menakjubkan dengan iklim yang sejuk. Pasalnya, kebanyakan air terjun akan memiliki air yang menyejukkan, namun air yang terdapat di Tangkahan ini merupakan perpaduan antara air hangan dengan air dingin. Sumber mata air panas berasal dari tebing-tebing di sekitar air terjun. Campuran air dingin dengan air panas akan membantu badan menjadi rileks. Jika mengunjungi air terjun ini, jangan lupa merasakan guyuran air terjun yang segar. Apalagi dengan suasana dan kesejukan yang asri dari hutan menjadi daya tarik tersendiri.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here