More

    Potensi Desa Serang Blitar dalam Mewujudkan Desa Wisata yang Bertaraf Internasional

    Oleh: Usfa Zazkia Amelia*

    Serang Barong Festival. (Foto: dewaserang.com)

    Kearifan lokal menjadi anugerah penduduk yang bermukim di pedesaan. Keasrian desa menggambarkan nilai budaya yang menghipnotis para wisatawan untuk mengunjunginya. Pariwisata yang memfasilitasi pengalaman wisatawan berhubungan dengan kegiatan berbasis alam, pertanian, dan gaya hidup pedesaan atau lebih dikenal dengan rural tourism menjadi potensial untuk dikembangkanm

    Besarnya potensi harus diimbangi dengan upaya bersama antar masyarakat dan pemerintah untuk bertransformasi ke rural tourism. Polo Peña (2013) mengingatkan beberapa hal terkait ini, (1) Memajukan taraf civilization dan kenyamanan dalam cakupan fasilitas, layanan dan aksesibilitas yang menunjang keaslian serta diverisity dari sebuah destinasi tersebut. (2) Menyebarkan semangat wirausaha kepada para pemuda lokal. Perkembangan desa tak lepas dari daya guna potensi khasnya, hingga pengadopsian Information & Communiction Technology (ICT) di desa wisata untuk menunjang kinerja agar meningkatkan jumlah wisatawan.

    - Advertisement -

    Sejalan dengan pernyataan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengembangkan potensi desa wisata yang berada di Indonesia mungkin dapat memenuhi standar layanan internasional. Dengan demikian, potensi desa wisata masuk dalam rencana strategis pariwisata tahun 2020-2024. Keanekaragam objek wisata pada Provinsi Jawa Timur menjadi tujuan wisatawan nusantara maupun internasional untuk berlibur akhir tahun.

    Kabupaten Blitar termasuk wilayah terkecil kedua setelah Kabupaten Mojokerto yang berada di bagian selatan provinsi Jawa Timur, secara langsung berhadapan dengan samudera Hindia. Kota yang berjuluk Kota Patria ini memiliki potensi sumber daya alam maupun buatan yang sarat nilai sejarah. Objek wisata populer seperti Makam Proklamator Ir. Soekarno, berbagai monumen & bangunan bersejarah, Gunung Kelud, Kampung Wisata Cokelat, Candi Palah Penataran dan masih banyak destinasi lainnya. 

    Peta Administrasi Kota Blitar. (Sumber: blitarkota.go.id)

    Disparbudpora Kabupaten Blitar mencatat awal tahun 2022 mencapai 57 ribu wisatawan domestik maupun mancanegara. Kebangkitan dipengaruhi dengan program Pemkab Blitar yaitu One Village One Product yang diharapkan dapat menggali potensi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif dari pelaku UMKM pada Kabupaten Blitar. Wilayah pedesaan semakin dikenal secara luas yang berdampak positif terhadap roda perekonomian.

    Bupati Blitar Rini Syarifah atau Mak Rini bersama dinas-dinas terkait terus memberikan pembinaan agar potensi wisata dan ekonomi kreatif di pedesaan dapat berkembang menjadi lebih maju. Salah satu contoh desa wisata rintisan yang dikelola oleh BUMDes sejak tahun 2015 ialah Desa Wisata Serang. Desa tersebut  termasuk bagian dari Kecamatan Panggungrejo yang berada di wilayah selatan Kabupaten Blitar, memiliki daya tarik yang memikat wisatawan.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here