More

    Ikon Pariwisata Kenjeran Park dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat

    Oleh: Muhammad Iqbal Agung Pratama*

    Gerbang Masuk Kenjeran Park. (Foto: surabayarolcake.com)

    Pada tanggal 24 September 2022 silam terhitung hampir satu bulan kami selaku peserta pertukaran mahasiswa merdeka tiba di Kota Surabaya. Pada hari itu kami memutuskan untuk pergi mengunjungi salah satu spot wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Kota Surabaya yaitu Kenjeran Park. Kawasan Kenjeran Park sendiri merupakan sebuah taman hiburan yang terletak di kawasan Sukolilo Baru, Kota Surabaya.

    Taman hiburan ini dinilai sebagai destinasi wisata unggulan di Kota Surabaya. Hal ini menjadi sebuah pendorong mengapa saya dan teman-teman memutuskan untuk mencoba menyambangi kawasan ini. Dan semua ekspektasi itu pun cukup terbayar dengan berbagai fasilitas taman hiburan yang menarik. Luas kawasan taman hiburan ini pun membuat para wisatawan bisa puas melalukan exploring di sekitar kawasan taman hiburan Kenjeran ini. 

    - Advertisement -

    Berbagai wahana yang bisa memenuhi hasrat bermain para wisatawan juga menjadi aspek penting dari suksesnya pengelolaan kawasan wisata ini. Selain itu adanya berbagai titik untuk swafoto juga menjadi sebuah nilai tambah bagi kawasan taman hiburan ini. Mulai dari keberadaan Pagoda Tian Ti dan Patung Buddha Empat Wajah yang memiliki arsitektur khas dari Buddha dan Konghucu hingga adanya Klenteng Sanggar Agung yang memiliki arsitektur khas Bali yang menjadi pusat perhatian para wisatawan yang ingin mengabadikan momen mereka di taman hiburan ini.

    Gerbang Masuk Kenjeran Park. (Foto: puteramentari.com)

    Tentu kemajuan kawasan Kenjeran Park ini menjadi sebuah hal yang patut diapresiasi terutama kepada pihak pengelola yang bisa membangun konsep taman hiburan yang sangat menarik. Akan tetapi, selain berbagai wahana dan titik untuk berfoto. Kawasan ini juga berubah menjadi sebuah pusat kuliner khas Jawa Timur. Kesuksesan Kenjeran Park dalam menarik wisatawan membuat adanya peluang bagi pelaku ekonomi kreatif terutama di bidang kuliner.

    Contoh Kuliner Sekitar Kenjeran Park. (Foto: heydayat.com)

    Masyarakat sekitar mendapat sebuah kesempatan besar untuk membuka usaha kuliner di sekitar kawasan Kenjeran Park ini. Dan hingga saat ini keberadaan pusat kuliner ini pun menjadi nilai tambah bagi kawasan Kenjeran Park. Sehingga dapat dilihat terdapat sebuah kolaborasi antara pengelola dan juga masyarakat dibalik kesuksesan Kenjeran Park dalam menjadi sebuah lokasi pariwisata sekaligus pusat ekonomi kreatif masyarakat.

    Selain hal-hal yang telah dijelaskan di atas terdapat pula satu hal lain yang membuat kawasan ini menjadi kawasan pariwisata unggulan. Hal itu adalah aspek aksesibilitas yang sangat baik. Untuk menuju kawasan Kenjeran Park perjalanan yang ditempuh serta keberadaan akses kendaraan umum sangatlah baik. Keberadaan Suroboyo Bus dan juga Trans Semanggi membuat masyarakat dan wisatawan luar kota dapat mengakses tempat ini tanpa mengalami kendala berarti. Hal ini menjadi salah satu hal yang dapat diapresiasi kepada Pemerintah Kota Surabaya yang berhasil menciptakan kota yang sangat baik secara konektivitas yang kemudian sangat membantu pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat. 

    Keberadaan Kenjeran Park serta kesuksesannya dalam menjadi sebuah landmark pariwisata merupakan hasil dari adanya kolaborasi yang baik antara, Pemerintah selaku Stakeholder, Pengelola kawasan Kenjeran Park, serta masyarakat lokal dalam memajukan pariwisata Kota Surabaya. Menciptakan ekosistem Pariwisata yang tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi pihak tertentu, akan tetapi juga menguntungkan bagi masyarakat lokal. Kolaborasi yang seperti inilah yang diperlukan dalam melakukan pengelolaan kawasan wisata jika ingin menciptakan sebuah pariwisata yang sukses memberi manfaat bagi semua pihak.

    *Penulis adalah Mahasiswa Hubungan Internasional, UPN Veteran Jawa Timur di bawah asuhan Dosen Resa Rasyidah, S.Hub.Int., M.Hub.Int.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here