More

    Banda Neira: Hidden Historical Tours

    3. Istana Mini

    Istana Mini (Kemendikbud).

    Seperti namanya istana mini karena sering disebut sebagai versi mini dari istana Bogor. Istana ini dahulu berfungsi sebagai rumah Gubernur VOC dan kantor pemerintah VOC. Di istana ini dahulu masih banyak benda-benda peningalan VOC seperti kursi, meja dan lain-lain. Tatpi beberapa saat yang lalu seluruh ruangan sudah kosong dari perabotan, hanya tersisa gedung dan ruangan kosong. Di sini terdapat penjaga dan dipungut tarif masuk.

    4. Rumah Pengasingan Bung Hatta

    - Advertisement -
    Rumah pengasingan Bung Hatta (Foto: kataomed.com).

    Pada tanggal 11 September 1936 Bung Hatta dipindahkan pengasingannya ke Banda Neira. Di Banda Neira Bung Hatta tinggal di rumah milik salah satu Tuan Tanah. Di sini masih terdapat barang-barang milik Bung Hatta seperti foto, baju, alat makan, mesik ketik dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke sini dipungut biaya untuk dewasa 10.000-15.000 Rupiah sedangkan untuk anak-anak 5.000 Rupiah.

    5. Rumah Budaya

    Rumah Budaya (Foto: memorda.id).

    Dan yang terakhir ada rumah budaya Banda Neira. Bangunan berbentuk rumah Belanda ini merupakan museum yang berisi sejarah kelam Banda saat datangnya Belanda. Di sini banyak sekali benda bersejarah dan catatan sejarah Banda dalam bentuk tulisan maupun gambar. Salah satunya adalah lukisan pembantaian 44 orang kaya Banda oleh Belanda tanggal 8 Mei 1621.

    Bagaimana, tertarik liburan ke Banda Neira?

    *Penulis adalah Mahasiswa Hubungan Internasional UPN Veteran Jawa Timur, di bawah asuhan Dosen Resa Rasyidah, M.Hub.Int.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here