More

    Olahraga Sangat Diminati di Indonesia, namun Ilmu Keolahragaan Langka di Aceh

    Oleh: Mohd Chandra Adliansyah, S. Or.*

    Mohd Chandra Adliansyah, S. Or. (ist)

    Ilmu Keolahragaan atau sering disebut dengan Sport Science yang saya maksud adalah bukan jurusan olahraga yang berbasis keguruan, melainkan ilmu keolahragaan murni atau non kependidikan. Jurusan ini biasanya akan mengisi sumber daya manusia di bidang olahraga di pemerintahan. Lembaganya seperti Dispora, KONI, maupun kepengurusan cabang-cabang olaharaga yang ada.

    Di Aceh lulusan Sport Science sangat langka. Salah satunya disebabkan oleh tidak adanya jurusan Sport Science di perguruan tinggi di Aceh. Bahkan perguruan tinggi ternama di Aceh seperti Unsyiah dan UIN belum memiliki jurusan Ilmu Keolahragaan. Hal ini bertentangan dengan jumlah peminat jurusan olahraga di Aceh. Dibuktikan dengan peminat Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) meningkat tajam pada tahun 2014 ini. Jumlah peserta yang melamar Prodi Penjaskesrek tahun 2021 mencapai 974 orang. Meningkat hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya lima ratus pelamar. Namun sayang, itu adalah jurusan olahraga pendidikan, bukan jurusan olahraga non kependidikan.

    - Advertisement -

    Sudah saatnya pemerintah berkerjasama dengan Universitas-Universitas memerhatikan kelangkaan jurusan tersebut. Karena ketika dibukanya tes Pegawai Negeri Sipil, sangat kurang pengikut jurusan tersebut, bisa dibilang di beberapa kabupaten/kota di Aceh hanya 1-5 orang pengikut jurusan Ilmu Keolahragaan. Hal ini disebabkan kurangnya lulusan Sport Science yang ada di Provinsi Aceh.

    Maka pemerintah perlu memerhatikan atau upgrade terhadap perkembangan zaman. Sudah saatnya jurusan Sport Science ini ada di perguruan tinggi Aceh, guna memperkuat kembali sumber daya manusia di bidang kepakaran olahraga di provinsi Aceh. Apalagi ke depan Aceh dipercaya sebagai tuan rumah PON 2024. Tentu dibutuhjan banyak sekali sumber daya manusia (SDM) yang mengerti olahraga untuk memanajemeni event berskala nasional itu. 

    Sebagai salah satu lulusan Sport Science yang asli orang Aceh, saya ingin menginformasikan tentang jurusan Sport Science dan pentingnya jurusan tersebut ada di Aceh.

    Apa itu Sport Science? Definisi Sport Science adalah Ilmu keolahragaan yang berpengatuhuan secara sistematis dan terstruktur tentang fenomena olahraga yang dibangun melalui proses penelitian ilmiah. Sebagai disiplin ilmu tersendiri, cakupan penelitian ilmu keolahragaan dapat didasarkan pada studi ontologis, epistemologis dan aksiologis.

    Ketika menempuh jurusan tersebut, apa saja ilmu dasar yang didapatkan? Ketika seseorang menempuh pendidikan lanjutan di Sport Science, seseorang akan dibekali ilmu dasar olahraga antara lain: belajar Motorik Dasar dan perkembangannya, Kondisi Fisik Dasar, Aktivitas Ritmik, Anatomi Manusia, Olahraga Kebugaran, Olahraga Tradisional, Olahraga Rekreasi, Olahraga Pertualangan. Fisiologi Dasar, Fisiologi Olahraga, Gizi Olahraga (Sport Nutrition), Olahraga Adaptif dan Analisis Mekanika Gerak.

    Manajemen Olahraga, Sport Centre, Sport Marketing, Sport Massage, Sport Event Organizer, Sosiologi Olahraga, Industri Olahraga, Fisioterapi dan Cedera Olahraga, Biomekanika Olahraga, Metodologi Penelitian Keolahragaan, Tes dan Pengukuran Olahraga, Statistika, Kesehatan Olahraga, Ilmu Kepelatihan Olahraga, dan banyak ilmu ilmu dasar keolahragaan lainnya, termasuk berbagai kecabangan olahraga.

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here