More

    Semarak Festival Budaya UI

    Ahmad Fauzan

    Mahasiswa Sastra Jawa membuat stand Semarbuck plesetan dari Starbuck dalam Fesitval Budaya Fakultas Ilmu Budaya UI di Kampus UI Depok. FOTO : AHMAD FAUZAN

    Moulin Rouge, salah satu ikon budaya Prancis bikin heboh kegiatan Festival Budaya di Fakultas Ilmu Budaya UI , Depok. Para mahasisiswi cantik Sastra Prancis UI terlihat sexy.

    Para mahasiswa menarikan tarian Cancan juga menyanyikan lagu-lagu Prancis. Dengan busana dan gaya mereka yang heboh tentulah menjadi perhatian para mahasisa yang hadir di pelataran parkir FIB UI.

    - Advertisement -

    Mahasiswi-mahasisisi cantik in besedia difoto asalkan membayar Rp. 2.000 untuk sekali foto dengan seorang gadis Mourin Rouge. Jika ingin berfoto bersama 12 gadis Moulin Rouge harus merogoh uang sebesar Rp. 5.000.

    Nandita, mahasiswi Sastra Prancis mengungkapkan, bahwa mereka ingin menunjukkan konsep Moulin Rouge sebagai tempat kabaret termahal di Prancis. Moulin Rouge juga dikenal dengan perempuan cantik dengan tari-tariannya yang menggoda.

    Menurut Nandita, aksi tarian yang disuguhkan adalah tarian Can-Can dari Prancis yang sudah disederhanakan. Stand mereka pun didesain mirip Moulin Rouge yang ada di Prancis. Selain itu mereka juga menjual makanan makanan dan minuman khas kota menara Eifel tersebut.

    Beda halnya dengan jurusan Sastra Jawa. Para mahasiswa sastra Jawa UI menyindir kehadiran Starbuck di perpustakaan UI. Mereka membuat Semarbuck yang menjual jamu, dawet, dan makanan khas Jawa lainnya.

    “Saat ini mahasiswaramai membicarakan Strabuck di Perpustakaan UI jadi kami membuat Semarbuck yang menual jamu,” kata Dwi, mahasiswa Sastra Jawa.

    Laras, salah satu panitia acara yang ditemui SiKaKa mengatakan bahwa Festival Budaya yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya UI ingin menunjukkan karakter setiap fakultas. Misal sastra Prancis dengan unsur unsur budaya Prancis, Sastra Arab dengan kebudayannya, begitupun sastra Jawa.

    “Kami berharap acara ini lebih dikenal seluruh mahasiswa UI dan luar UI,” kata Laras.

    Festival Kebudayaan FIB UI berlangsung dari tanggal 8 Desember-10 Desember 2011. Menampilkan beragam kebudayaan dari seluruh jurusan yang ada di FIB UI.

    Stand-stand jurusan dihias menarik dan unik, ada 15 mobil yang telah dihiasi dengan berbagai ornamen Negara dan para penumpang dengan pakaian yang unik berkeliling ke seluruh Universitas Indonesia.

     

    Festival Budaya Fakultas Ilmu Budaya UI juga menyuguhkan perlombaan teater antar jurusan dengan dewan juri terdiri dari Ray Sahetapi, Sudjiwo Tedjo, dan Heri Nugaroho. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here