More

    Mahasiswa UGM Taklukan Sungai Sun Koshi Nepal

    Ahmad Fauzan Sazli

    2359-tim-kayak-mapagama-arungi-sungai-sun-koshi-di-nepal-selama-sembilan-hari-7-16-mei-2013

    Mahasiswa UGM di Sungai Sun Koshi, Nepal. FOTO : DWI OBLO

    - Advertisement -

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Tim kayak Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Gadjah Mada (Mapagama) berhasil menaklukan sungai Sun Koshi, Nepal. Mereka menaklukan pemgarungan sejauh 282 kilometer selama sembilan hari dari tanggal 7 – 17 Mei 2013.

    Tim Mapagama mencapai titik finish yang berada di kawasan Koshi Tapu Wildlife Reserved. Wilayah yang berjarak dua jam perjalanan menuju perbatasan Nepal dan India.

    Kurnia Fahmy, official tim Mapagama mengatakan, bahwa dalam sehari pengarungan rata-rata menempuh jarak 30 kilometer dengan waktu operasional pengarungan dari jam 09.00 sampai dengan jam 15.00.  Dengam enam jam pengarungan, tim kayak Mapagama melewati 20 -30 jeram per harinya.

    Menurutnya, jenis jeram yang dilalui di sungai Sun Koshi sangat beragam,  mulai dari flat water  sampai dengan jeram terbesar sepanjang satu kilometer. Sungai Sun Koshi memiliki penampang yang lebar. Jeram terbentuk karena debit sungai yang besar dan gradien sungai yang cukup tinggi.

    “Di beberapa titik, jeram terbentuk sepanjang 500 meter sampai dengan 1 kilometer tanpa jeda,”ujarnya Jumat, (24/05/2013).

    Sungai Sun Koshi merupakan salah satu sungai dengan jalur pengarungan terpanjang di Nepal. Kondisi tersebut memunculkan sejumlah tantangan tidak hanya dari sisi teknis namun juga sisi non teknis. Selama empat hari tim kayak Mapagama berada di tengah pedalaman Nepal tanpa akses komunikasi dan transportasi yang memadahi.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here