More

    Esensi Hotel Ramah Lingkungan

    Cut Irna Setiawati

    Tren green lifestyle telah memicu perubahan besar dalam dunia usaha saat ini, yaitu semakin dituntut untuk mengembangkan praktik bisnis berwawasan ramah lingkungan. Salah salah satu industri yang tengah disoroti adalah industri perhotelan, dikarenakan banyak menghasilkan dampak lingkungan secara langsung sekaligus menggunakan sumber daya alam terbesar secara berkelanjutan. Rata-rata hotel menghasilkan 160-220 kilogram CO2 meter/kamar setiap lantai/tahun. Hasil studi PBB menunjukkan industri hotel berkontribusi lebih dari 5% terhadap emisi gas CO2 secara global. Penggunaan air per tamu per malam rata-rata 170-440 liter (pada hotel berbintang lima). Selain itu, limbah padat yang dihasilkan mencapai rata-rata 1 kilogram per tamu per malam.

    data cutPada sisi organisasi, aktivitas seluruh departemen yang ada pada hotel juga menimbulkan dampak lingkungan, terutama housekeeping dan kitchen, antara lain pencemaran air, degradasi kualitas ekosistem, limbah packaging, pencemaran sanitari dan sebagainya. Berikut ini adalah tipikal penggunaan air pada hotel :

    - Advertisement -

    Menyadari data-data tersebut, maka berkembanglah sebuah penerapan operasional hotel berwawasan ramah lingkungan, dan hotel yang menerapkannya disebut eco-friendly hotel (menurut International Tourism Partnership, sebutan green hotel masih samar-samar). Secara konsep, hotel ramah lingkungan mensinergikan operasionalnya dengan upaya-upaya pengurangan dampak lingkungan antara lain sistem penyusunan toilet, sistem efisiensi energi dan air, program daur ulang dan produknya, pemanfaatan sistem energi terbarukan, sistem pengairan, pemilihan green suppliers dan produk organik, manajemen limbah dan program pemberdayaan karyawan agar ikut menjaga lingkungan.

    Secara manfaat, hotel yang (benar-benar) telah menerapkan ramah lingkungan dan terpublikasi akan memperoleh advantages jangka pendek yaitu penghematan biaya sekaligus menjadi keunggulan bersaing didalam industri yang termasuk red ocean ini. Perusahaan juga dapat memperoleh manfaat optimalisasi kinerja karyawan, kepuasan disertai loyalitas konsumen dan kepatuhan pada peraturan pemerintah. Pada akhirnya, hotel akan mewujudkan manfaat jangka panjang yaitu meningkatkan posisi di pasar dan meminimalisir resiko berkaitan dengan tanggungjawab dan tata kelola perusahaan sehingga terhindar dari kerugian-kerugian dimasa mendatang.

    Menurut anggota World Committee on Tourism Ethic I Gede Ardhika, dari 265 hotel yang terdapat di Kota Bandung, misalnya, diperkirakan kurang dari 10% telah mendapatkan sertifikasi sebagai hotel ramah lingkungan. Sayangnya, berdasarkan pengalaman penulis ketika mengajukan untuk meneliti sejumlah hotel ramah lingkungan, justru pihak perusahaan menolak tegas! Penulis khawatir apabila sertifikasi yang diperoleh hanyalah lipstick pemasaran saja agar dianggap sebagai perusahaan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan. Padahal pada prakteknya, pengakuan sebagai eco-friendly hotel masih patut dipertanyakan! Di satu sisi, angka 10% kurang menunjukkan bahwa jumlah hotel yang sadar lingkungan masih sangat sedikit sehingga perlu diperkuat dengan faktor pendorong dari pemerintah (pembatasan penggunaan sumber daya energi & air) dan konsumen.

    Sebagai pihak eksternal, baik tamu ataupun bukan, kita patut mendukung tren bisnis tersebut. Utamanya adalah memikirkan penghematan air dan energi yang digunakan ketika menginap di hotel. Buang anggapan bahwa ketika jasa penginapan telah dibayar lunas, maka kita berhak memakai semua fasilitas yang ada secara boros!

    Sebagai tambahan, generasi muda pun dapat terus mengkaji lebih mendalam mengenai praktek bisnis ramah lingkungan di industri perhotelan, salah satunya aktif menulis di media kabarkampus.com. Upaya ini dapat mengawal penerapan operasional ramah lingkungan yang telah berjalan pada hotel-hotel di Indonesia agar konsisten menerapkan esensi bisnis ramah lingkungan yang sebenarnya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here