More

    Mahasiswa UNJ Siap Jelajahi Chamber Gua Terbesar di Dunia

    Tim Indonesia Independence Day Expedition ( IIDE )  KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta (UNJ).
    Tim Indonesia Independence Day Expedition ( IIDE ) KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

    Puasa tidak menjadi halangan untuk berhenti beraktifitas, temasuk untuk para petualang muda dari Universitas Negeri Jakarta (UNY). Di tengah panasnya kawasan karst dan kondisi fisik yang sedang berpuasa, mereka tetap melakukan eksplorasi dan pemetaan di Goa Jombang, Yogyakarta.

    Para mahasiswa tersebut yaitu, Ali Ataya (22), Aditya Yudhistira (24) M. Satrio Pamungkas (25), Slamet Raharjo (24), Irfan Gumelar (21) dan Anang Widyapratama (20). Mereka tergabung dalam tim Indonesia Independence Day Expedition ( IIDE )  KMPA Eka Citra Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

    Eksplorasi di Goa Jombang dilakukan sebagai persiapan untuk menjelajahi Goa Miao Room di Taman Nasional Getu He, Provinsi Guizhou, China pada 17 Agustus 2015 mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka nantinya akan mengibarkan sang saka merah putih di perut bumi terbesar di dunia tersebut.

    - Advertisement -

    Tim IIDE melakukan eksplorasi di Goa Jombang pada tanggal 07 – 09 Juni 2015. Mereka Penjelajahan penjelajahan menuju bottom gua pada pukul 08.00 WIB dengan menggunakan jalur VIP ( kedalaman sekitar 26 meter ). Tim memasuki Goa Jomblang satu persatu dengan descending menggunakan autostop di jalur tersebut. Setelah memetakan lorong goa selama dua jam, tim kembali ke darat untuk mengolah hasil pemetaan dan evaluasi.

    “Tim akan dibentuk selama dua hari di sini. Kami akan berada di dalam gua selama mungkin, karena di Goa Miao Room nanti, tim tidak akan keluar sampai seluruh lorong terpetakan,” ujar Ali Ataya, ketua pelaksana Ekspedisi.

    Ia menjelaskan, Goa Miao Room memiliki predikat sebagai gua dengan chamber (ruangan) terbesar di dunia, terletak di perbukitan karst kawasan Taman Nasional Getu He. Entrance gua tersebut hanya bisa ditempuh dengan mengarungi sungai lawan arus atau upstream Sungai Getu dengan perahu karet dan pintu masuknya hanya bisa diakses dengan sungai bawah tanah.

    Selain akan mengibarkan bendera merah putih di, tim juga akan melakukan panjat tebing di Tebing The Great Arch yang masih satu kawasan taman nasional dengan Goa Miao Room.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here