More

    Tim Wanala Unair Berjuang Gapai Puncak Denali

     

    Tim AIDeX tengah berjuang menggapai punca Gunung Denali, Alaska, Kamis, (15/06/2017). FOTO  : Alpine Ascent Institut

    SURABAYA, KabarKampus – Tim para atlet Airlangga Indonesia Denali Expedition (AIDeX) saat ini tengah berjuang menggapai Puncak Denali yang berada di ketinggian 20.320 kaki atau 6194 Mdpl, Kamis, (15/06/2017). Perjalanan menuju puncak tertinggi di Amerika Utara ini diperkirakan memakan waktu tempuh 2,5 mil dengan ketinggian 3120 kaki. Diperkirakan mereka akan tiba di puncak Denali pada pukul 09.00 atau 10.00 waktu Indonesia.

    Ketiga atlet AIDeX ini terdiri dari Muhammad Faishal Tamimi (mahasiswa Fakultas Vokasi/2011), Mochammad Roby Yahya (mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan/2011), dan Yasak (alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Ketiganya merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga.

    - Advertisement -

    Ketiganya memulai summits dari kamp lima yang berada di ketinggian 17.200 kaki. Sebelum berada di kamp lima, mereka selama tujuh hari terkendala cuaca buruk berupa badai salju, angin kencang, snow showers (anomali cuaca cerah dan hujan salju), dan whiteout (kondisi kabut tebal).

    “Pada pukul tiga pagi tanggal 13 Juni, tim melakukan perjalanan dari kamp empat (14.100 kaki) menuju kamp lima (17.200 kaki). Tim sampai di kamp lima pada pukul tiga sore,” terang Roby.

    Roby mengaku, beberapa faktor menjadi penyebab lamanya perjalanan pendakian. Pertama, kondisi fisik yang sudah lama tak bergerak selama tujuh hari. Kedua, curamnya jalur pendakian yang memiliki sudut antara 50 hingga 60 derajat.

    Tim atlet AIDeX telah telah memula pendakian di Gunung Denali sejak tanggal 27 Mei waktu Alaska. Kelancaran tim atlet dalam melalui rintangan di Denali tak lepas dari berbagai persiapan yang telah dilakukan selama berada di Indonesia. Selama 18 bulan, persiapan tim AIDeX banyak dibantu oleh PT. PP Properti (Tbk) dan PT. Pegadaian Persero.

    Denali bukanlah puncak pertama yang didaki oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM Wanala). Empat dari tujuh puncak tertinggi yang telah digapai tim adalah Puncak Carztenz Pyramid (Indonesia/1994), Kilimanjaro (Tanzania/2009), Elbrus (Rusia/2011), dan Aconcagua (Argentina/2013).

    Selain ke Denali, ekspedisi ke Vinson Massif di Antartika serta Everest di Himalaya akan menggenapi ekspedisi seven summits anggota UKM Wanala.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here