More

    Mapala Eka Citra UNJ Berhasil Petakan 6 Gua Karst di Krui, Lampung Barat

    Tim Ekspedisi Bestari UNJ menelusuri salah satu gua di Krui, Lampung Barat. Dok. TIM ECB.

    Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam EKA CITRA UNJ telah melaksanakan Ekspedisi Citra Bestari di kawasan Karst Krui, Pekon (Desa) Pahmungan, Lampung Barat. Dalam ekspedisi yang digelar dari tanggal 11 hingg 27 Agustus 2017 ini, mereka telah memetakan sebanyak enam gua.

    Tim Ekspedisi Citra Bestari terdiri dari 14 anggota muda dan dua anggota penuh sebagai pendamping. Mereka adalah Aulia Septiyaningrum sebagai ketua tim, Ade Irna Sumantri (operasional kegiatan), Dian Mardiana (konsumsi), Evi Herawati (kesehatan), Hamdan Fauzi (perlengkapan), Ihab Yazid (humas, publikasi, dan dokumentasi), Indra Komara (perizinan akomodasi dan transportasi), Sarita Wahyu Budiwati (konsumsi), Subhan Paldana Putra (perlengkapan), dan Mardhika Ekaputra (pendamping).

    Sebelum keberangkatan, seluruh peserta telah diberi bekali ilmu pemetaan, dokumentasi, sosial pedesaan, dan medis (kesehatan). Selain pemetaan Gua Karst, para mahasiswa ini juga melakukan kegiatan bakti sosial dan bakti pendidikan di kawasan yang dikeliling oleh hutan damar tersebut.

    - Advertisement -

    “Tujuan pelaksanaan Ekspedisi Citra Bestari sebagai langkah awal mencintai tanah air tanpa jeda” ucap Aulia Septiyaningrum selaku ketua tim Ekspedisi Citra Bestari.

    Ia menceritakan, dalam kegiatan tersebut tim Ekspedisi Citra Bestari melakukan eksplorasi dan pemetaan gua medan bersifat horizontal. Gua di sana merupakan tempat sembunyi orang tua terdahulu atau nenek moyang dari penjajahan Kolonial Belanda, dan Romusha Jepang, bagi masyarakat Krui.

    “Tim ekspedisi menggunakan metode pemetaan dengan Top to Bottom (dari awal mulut gua sampai dasar stasiun akhir),” tambahnya.

    Selama sembilan hari, menurut Aulia, tim ekspedisi telah memetakan sebanyak enam gua, dari 13 gua yang telah ditemukan. Seluruh pemetaan mencapai 2.085 m. Gua yang berhasil dipetakan terdiri dari Gua Buyung, Gua Tenuk, Gua Tai Gara, Gua Kubu, Gua Kungki, dan Gua Ramdo.

    “Hasil eksplorasi gua sebagai habitat berkembang biak hewan seperti udang, ular, kodok, kelelawar, kelabang, jangkrik, dan burung walet,” jelasnya.

    Selain itu, Tim Ekspedisi Citra Bestari juga melakukan marking setiap entrance (pintu masuk) gua yang ditemukan menggunakan GPS. Dari seluruh data yang diperoleh akan di arsipkan sebagai ilmu pengetahuan speleologi Indonesia di masa datang.

    Selain ekplorasi di kawasan karst, dalam kegiatan yang bertepatan dengan Dirgahayu Indonesia Ke – 72 ini, tim juga melakukan pengibaran bendera sang saka di chamber Gua Buyung. Selain itu mereka juga melaksanakan sosial pedesaan untuk melihat kearifan lokal budaya sekitar, dan dilanjut bakti pendidikan di SD Negeri Pahmungan dengan memberi materi Cinta Tanah Air dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

    Ekplorasi kawasan Karst di Krui, Lapung Barat merupakan salah satu kegaitan kaderisasi anggota muda KMPA Eka Citra UNJ. Di waktu yang bersamaan, tim lain dari KMPA Eka Citra UNJ melaksanakan pendakian Gunung Leuser, TNGL, Desa Kedah, Kab. Gayo Lues, Aceh.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here