More

    Perihal Validasi dan Sanggahan, Bukti dan Hoax

    7/

    Ketika logika dan nurani sudah mati, ketika kebenaran bisa diganti dengan kesalahan, ketika keadilan bisa diganti dengan penindasan, ketika kebaikan bisa diganti dengan kejahatan, ketika validitas sebuah argumen bisa diganti dengan agitasi dan propaganda dan kebohongan yang digemakan berulang, maka bersiaplah “Hitler” akan muncul di negeri ini.

    Bacalah sejarah bagaimana seorang HItler, seorang “tikus got” dalam kehidupan sosial, bisa muncul menjadi diktator paling keji di sebuah negara adidaya seperti Prussia (Jerman pada masa Hitler). Ya, Prussia, sebuah negeri yang berabad sebelum Hitler telah melahirkan para seniman, filsuf, aktivis, politik, ilmuwan, agamawan, dan spiritualis kelas dunia. Meister Eckhart (mIstikus Katolik), Martin Luther (pendiri gerakan Kristen Protestan), Johann Wolfgang von Goethe (penyair dan filsuf), Friedrich Schiller (penyair dan dramawan), Johann Sebastian Bach (pemusik klasik), Gottfried Wilhelm Leibniz (matematikawan dan filsuf), Immanuel Kant (filsuf idealis transendental), Georg Wilhelm Friedrich Hegel (filsuf dialektika idealis), Karl Marx (pendiri pemikiran komunisme), Otto von Bismarck (politisi), Friedrich Wilhelm Nietzsche (filsuf dan penyair), Max Planck (bapak teori fisika kuantum), dan Albert Einstien (Ilmuwan penemu teori relativitas dalam fisika) adalah sebagian kecil nama-nama intelektual kelas dunia yang telah membuat Prussia menjadi salah satu negara paling penting dalam peradaban modern. Dan, dalam waktu hanya dua puluh tahun, sang tikus got yang menggelari dirinya sebagai “der fuhrer” (sang pemimpin atau sang pemandu) dapat menghancurkan intelektualitas Prussia yang telah dibangun selama ratusan tahun menjadi kebodohan massal.

    - Advertisement -

    Bacalah sejarah bagaimana seorang pelukis gagal seperti Hitler, setelah masuk partai kecil berhaluan nasionalisme ekstrim (NAZI), dalam waktu yang sangat cepat bisa menjadi diktator fasis di Prussia. Baca pula bagaimana–setelah berhasil menduduki kursi kekuasaan di Prussia–Hitler menyingkirkan seluruh oposisinya di parlemen. Baca bagaimana Hitler membuat propaganda dengan informasi “hoax” dan mengubah pemikiran rakyat Prussia yang sangat intelektual menjadi sedemikian bodoh, sehingga mayoritas dari mereka percaya Yesus berasal dari ras Aria (bukan Yahudi) hanya dengan ditunjukkan “bukti” lukisan-lukisan imajinatif karya seniman Eropa abad pertengahan yang menggambarkan sosok Yesus sebagai lelaki berambut pirang dan bermata biru. Baca bagaimana Hitler berhasil menjungkirbalikkan akal sehat dan nurani mayoritas rakyat Prussia untuk melakukan pembantaian minoritas Yahudi dan menyeret Prussia ke dalam perang dunia kedua–perang yang telah menghancurkan Eropa dan membawa korban jutaan nyawa manusia.

    Bacalah sejarah bagaimana seorang manusia yang sebelumnya berasal dari “selokan” bisa menjadi pemimpin bangsa paling maju dan berbudaya pada masanya, bangsa Prussia, lalu mengubah mayoritas rakyatnya menjadi zombie pembunuh hanya dengan “modal” kerongkongan!

    Bersambung ke halaman selanjutnya –>

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here