More

    Wisata Perahu Kalimas Serasa di Eropa

    Oleh: Anugerah Perdana*

    Wisata Perahu Kalimas (Foto: tiketwisata.surabaya.go.id)

    Kota yang mendapat sebutan sebagai Kota Pahlawan yaitu Surabaya seakan-akan tidak berhenti memberikan suatu hal yang baru dari sektor pariwisatanya, mulai dari kuliner, tempat wisata hingga pusat-pusat perbelanjaannya. Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan memiliki jumlah penduduk sekitar 2,8 juta ini memiliki warga lokal yang sangat antusias terhadap pariwisata dan ekonomi kreatifnya. Keantusiasaan tersebut dapat dilihat saat Kota Surabaya membuka tempat-tempat wisata baru maupun menyelenggarakan beberapa parade lokal.

    Sejak dilantik menjadi Wali Kota Surabaya pada tanggal 26 Februari 2021, dapat dibilang dirinya sukses memajukan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Wali Kota yang satu ini digadang-gadang merupakan lanjutan dari kesuksesan yang sudah dilakukan oleh Tri Rismaharini selaku mantan Walikota Surabaya pada periode sebelumnya yang sekarang menjabat sebagai Menteri Sosial. Wisata perahu kalimas yang mempunyai wajah baru ini resmi dibuka pada tanggal 31 Mei 2022 kemarin oleh Wali Kota Surabaya saat ini yaitu Eri Cahyadi. Tempat wisata perahu kalimas ini diresmikan sebagai acara penutup Hari Jadi Kota Surabaya yang ke-729.

    - Advertisement -

    Peresmian wisata perahu kalimas ini diharapkan dapat meningkatkan dan membangkitkan kembali perekonomian yang ada di sekitar kalimas. Seperti yang dilansir dari situs DPRKPP Surabaya, rebranding dan diresmikannya wisata perahu kalimas diharapkan dapat menghidupkan kembali sentra UKM yang terdapat pada sekitar dermaga wisata perahu kalimas. Hal tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku UKM yang berjualan dibeberapa area dermaga perahu.

    Selain meningkatkan nilai ekonomi, datangnya tamu jalur rempah merupakan alasan lain mengapa wisata perahu kalimas diresmikan bertempatan dengan Hari Jadi Kota Surabaya pada tanggal 31 Mei 2022. Seperti yang dilansir pada situs Jatim JPNN, Eri Cahyadi mengatakan,“Setelah menerima tamu dari jalur rempah, InsyaAllah kami ajak semua tamu (seluruh Indonesia) untuk meresmikan Wisata Perahu Kalimas”. Hal tersebut bertujuan agar pemerintah KotaSurabaya dapat memperkenalkan wisata tersebut kepada tamu dari beberapa daerah, sehingga tamu tersebut mengetahui wisata yang memiliki potensi menjadi salah satu wisata yang diunggulkan.

    Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang mencoba Wisata Perahu Kalimas (Foto : detik.com)

    Wisata perahu kalimas yang sekarang memberikan nuansa berbeda dari yang sebelumnya, hal tersebut dikarenakan gemerlapnya lampu-lampu disetiap sudut sungai dan lampion yang menggantung di beberapa tempat. Hal yang mendukung wisata perahu kalimas ini semakin menunjukkan kesan sedang berada di Eropa yaitu banyaknya lampu warna-warni yang dihias di sepanjang jembatan. Maka dari itu saat wisatawan melewati bawah jembatan meggunakan perahu, kesan indah tersebut dapat dirasakan. Wisata ini sangat cocok untuk semua kalangan dan umur, terlebih lagi untuk keluarga yang tidak dapat berlibur keluar kota.

    Wisata perahu kalimas bukan merupakan satu-satunya dan pertama di surabaya, sebelumnya sudah terdapat wisata air semacam tersebut hanya saja pemandangan yang disajikan berbeda. Wisata perahu lainya berada di Eko Wisata Mangrove dan Pantai Kenjeran, yang menjadi pembeda antara wisata perahu kalimas dengan wisata perahu lainnya yaitu pemandangan yang disuguhkan tidak biasa dan memberikan kesan sedang berada di Eropa. Selain gemerlapnya lampu lampion yang menyala, wisatawan juga dapat melihat pemandangan gedung-gedung tinggi yang memiliki lampu warna-warni.

    Pemandangan yang indah dan pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh wisatawan merupakan tujuan yang ingin mereka dapatkan ketika berkunjung ke salah satu tempat wisata, selain itu pastinya keamanan yang terjamin juga diharapkan oleh setiap wisatawan. Wisata perahu kalimas ini selain memberikan pemandangan yang indah dan pengalaman yang akan selalu diingat oleh setiap wisatawan, keamanan juga akan terjamin. Pasalnya wisatawan yang menaiki perahu dan akan melakukan keliling sesuai rute yang ditentukan, akan diberikan pelampung yang wajib digunakan oleh setiap penumpangnya.

    Bagi pengunjung yang ingin mencoba pengalaman baru dengan menaiki perahu mengelilingi kalimas dengan pemandangan yang berkesan, terdapat dua pilihan tiket yang sangat terjangkau. Harga tiket tersebut yaitu Rp.4000 dan Rp.10.000. Untuk harga tiket yang Rp.4000 sendiri, kalian dapat menaikinya dari Taman Prestasi hingga Taman Ekspresi dengan menikmati spot foto yang ada di Museum Pendidikan, Taman Ekspresi, Pasar Apung dan kembali ke titik awal yaitu Taman Prestasi. Dan untuk pilihan tiket yang Rp.10.000 sendiri, kalian juga akan mendapatkan pemandangan lampu lampion disepanjang rute Monumen Kapal Selam sampai dengan Dermaga SIOLA. Pungunjung juga dapat menikmati spot foto di Air Mancur Patung Suroboyo, Taman Skate & BMX, Pasar Apung, Museum Pendidikan serta Dermaga Siola.

    Untuk jam operasional sendiri berbeda pada hari kerja dan hari libur. Pada hari kerja sendiri wisata perahu kalimas akan dibuka mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB, sedangkan pada hari libur wisata perahu kalimas ini dibuka lebih pagi yaitu pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB. Pengunjung yang ingin melakukan pembelian dan pemesanan tiket dapat melalui situs yang sudah disiapkan oleh Pemkot Surabaya, yaitu dengan mengakses tiketwisata.surabaya.go.id untuk memilih jadwal wisata. Wisatawan yang berniat mengunjungi tempat wisata baru ini pastinya akan mendapatkan paket lengkap, yaitu pemandangan yang indah, pengalaman yang tak terlupakan, serta keamanan dan fasilitas yang memadai.

    *Mahasiswa Hubungan Internasional UPN ‘Veteran’ Jawa Timur, dibawah bimbingan Dosen Mata Kuliah Pariwisata Internasional dan Ekonomi Kreatif, Resa Rasyidah, S.Hub. Int, M.Hub, Int. dan Praja Firdaus Nuryanda, S.Hub. Int, M.Hub. Int.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here