More

    Eka Citra UNJ Berhasil Gapai Puncak Aconcaqua

    Ahmad Fauzan Sazli

    KODAK Digital Still Camera

    KMPA Eka Citra UNJ Berhasil Gapai Puncak Aconcaqua. FOTO : Dok Tim Eka Citra UNJ

    - Advertisement -

    Kabar mengembirakan datang dari mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Lewat pendakian Indonesia Green Expedition (IGE), tiga mahasiswa dari KMPA Eka Citra UNJ berhasil menggapai puncak Aconcaqua, Argentina.

    Aconcagua merupakan Gunung tertinggi yang mewakili lempeng benua amerika selatan, berada di wilayah pegunungan andes, Argentina, memiliki ketinggian 6.962 mdpl (22840 feet) dan merupakan Gunung kedua tertinggi setelah Everest ( 8.848 mdpl ) dalam “The Seven Summits of The World”.

    Tim pendaki KMPA Eka Citra UNJ ini terdiri dari Ali Ataya (21), Khaerul Amri (23), Nur Wahyu Widayatno (24). Ketiganya berhasil mencapai puncak pada tanggal tanggal 4 Januari 2014 pukul 15.55 waktu setempat.

    Amri, Ketua Tim Pendaki mengatakan, pada saat perjalanan menuju puncak, angin berhembus kencang, diiringi rintik hujan salju dan dinginnya udara dengan suhu mencapai minus 15 derajat Celcius. Namun saat itu mereka terus melangkah saling menyemangati dan berjuang bersama untuk mencapai keberhasilan ekspedisi ini.

    “Tentunya doa dan semangat dari keluarga besar di Indonesia sangat memotivasi kami,” tambah Amri.

    Amri menjelaskan, bahwa ekspedisi ini tidak hanya sekedar mendaki gunung, tetapi lebih dari itu. Pendakian ini berbicara tentang semangat juang anak-anak muda Indonesia untuk bangsa dan negara, serta sebagai wujud kepedulian terhadap usaha-usaha pelestarian lingkungan.

    Sementara itu Fico Ketua Pelaksana IGE 2013 mengungkapkan, tema yang mereka usung dalam pendakian ini yakni “Green Indonesia For The World”. Sebelumnya berangkat mereka telah melakukan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon di berbagai wilayah di Jabodetabek, Seminar dan Workshop serta sebelum mendaki Aconcagua Tim IGE telah melakukan kegiatan sosialisasi dan kampanye “Green Indonesia For The World” di KBRI Buenos Aires.

    Pendakian Aconcagua sendiri merupakan pendakian keempat dalam rangkaian ekspedisi 7 Summits KMPA Eka Citra UNJ. Sebelumnya mereka telah berhasil mendaki Mt Elbruss Rusia (2011), Mt Carstensz Pyramid Indonesia (2012) dan Mt Kilimanjaro Tanzania (2012). Untuk selanjutnya pada tahun 2014, KMPA Eka Citra UNJ akan melanjutkan ekspedisi ke Mt Denali di Alaska.

    Dalam pendakiann di gunung Econcaqua, tak hanya tim Eka Citra UNJ yang telah mengharumkan nama Indonsia. Pada awal Desember 2013, Tim Mahapala Universitas Negeri Semarang dan awal Januari 2013 Tim dari Srikandi Wanala Universitas Airlangga Surabaya telah menggapai puncak gunung tersebut.

    Selamat buat tim KMPA Eka Citra UNJ.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here