More

    Traveling Ke Air Terjun Berundak Curug Pelangi Cimahi

    IMAN HERDIANA

    Setelah suntuk kuliah atau bekerja, mungkin traveling ke alam menjadi pilihan menarik untuk mengisi acara libur natal dan tahun baru. Salah satu lokasi wisata yang menyajikan pemandangan eksotis adalah Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi.

    Sumber air terjun berasal dari Sungai Cimahi yang hulunya dari danau legendaris Situ Lembang.FOTO : IMAN HERDIANA
    Sumber air terjun berasal dari Sungai Cimahi yang hulunya dari danau legendaris Situ Lembang.FOTO : IMAN HERDIANA

    Air Terjun Pelangi berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Air terjun ini disebut-sebut tertinggi di Bandung Raya, sekira 87 meter.

    - Advertisement -

    Pantauan KabarKampus, keunikan Air Terjun Pelangi antara lain bentuk air terjunnya yang memiliki undakan. Undakan air terjun pertama lebih pendek dari undakan air terjun kedua. Sumber air terjun berasal dari Sungai Cimahi yang hulunya dari danau legendaris Situ Lembang.

    Limpahan air terjun membentuk danau mungil di dasar lembah. Airnya jernih, tidak jarang traveler meminum langsung air danau tersebut. Danau dikelilingi rimbun pepohonan dan cadas yang ditumbuhi rumput atau pakis liar. Warna hijau mendominasi lembah.

    Posisi lembah yang dalam membuat suasana teduh dan alami, jangkauan sinar matahari hanya sebentar, hanya bunyi air yang terdengar, meski sesekali muncul suara burung dan monyet liar. Kawasan Air Terjun Pelangi menjadi habitat monyet ekor panjang.

    Tak jauh dari danau, ada warung, gubuk-gubuk bambu tempat istirahat, kamar mandi dan mushola. Jika lapar atau haus, traveler bisa memesan kopi, mie rebus, timbel komplit, atau nasi liwet. Jangan lupa untuk tidak nyampah sembarangan.

    Hasan, pemilik warung, menuturkan saban akhir pekan atau musim liburan Air Terjun Pelangi cukup ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Mereka terutama terpikat keindahan air terjun yang alami yang sangat cocok untuk berfoto alias selfie.

    “Turis dari luar negerinya keanyakan orang Arab (Timur Tengah). Sedangkan turis lokalnya kebanyakan anak muda,” cerita Hasan kepada KabarKampus.

    Nama lokal Air Terjun Pelangi adalah Curug Cimahi. Curug (bahasa Sunda) berarti air terjun. Nama Sungai Cimahi juga diambil dari bahasa Sunda, yakni dari kata cai (air) dan mahi(cukup).

    Bagi warga lokal, air di Curug Cimahi/Air Terjun Pelangi maupun Sungai Cimahi diyakini selalu cukup, tidak pernah berkurang walaupun di musim kemarau panjang.

    Posisi Air Terjun Pelangi tak jauh dari Terminal Cisarua, Jalan Kolonel Masturi. Untuk masuk lokasi, pengunjung bisa beli tiket di loket seharga di bawah Rp20.000.

    Setelah itu, pengunjung harus jalan kaki melewati lebih dari 500 anak tangga tembok yang curam. Di tengah anak tangga, air terjun sudah bisa terlihat. Dari sini pun pengunjung sudah bisa berselfie ria. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here