More

    MSDC Unhas Eksplorasi Pesona Alam Pulau Kakabia

    Kegiatan pembukaan Walrus Abu-Abu MSDC-UH di Ruang Sidang Lt. 2 Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas, Senin, (09/04/2018). Dok. MSDC Unhas

    MAKASSAR, KabarKampus – Marine Science Diving Club Universitas Hasanuddin (MSDC-UH) siap menggelar “Ekspedisi Walrus Abu-abu”. Ekspedisi ini dibuka oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIKP-UH di di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Unhas, Senin, (09/04/2018).

    Ekspedisi Walrus Abu-Abu merupakan ekspedisi kerjasama antara MSDC-UH dengan Pemda Selayar. Ekspedisi kali ini mengusung tema “Eksplorasi Pesona Alam Pulau Kakabia”.

    Dalam ekspedisi ini mereka akan menghimpun data kuantitatif dan data kualitatif meliputi ekosistem terumbu karang serta data oseanografi di Pulau Kakabia. Selain itu mereka juga akan menggali berbagai potensi yang dapat digunakan sebagai basis untuk pengembangan Pulau Kakabia.

    - Advertisement -

    Ada sebanyak 12 anggota tim yang akan mengikuti ekspedisi ini. Mereka terdiri dari Koordinator Lapangan (Andi Tanri Abeng), Koordinator Tim Laut (Kasman), Koordinator Tim Darat (Yandi Wirawandi), Koordinator Dokumentasi dan Publikasi (Cicilia Valensi Parrangan), Pendata Karang (Arfan Hamka dan Agnesia Triani), Pendata Ikan (Igah Ulfah dan Abdilah Salihin), Pendata Invertebrata (Irwan dan Rafsanjani), dan Pendata Megafauna (Kuasa Sari dan BW Adnand Muhammad).

    “Melalui kegiatan ini, anggota MSDC-UH diharapkan dapat melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Serta data yang dikumpulkan oleh tim nantinya dapat dijadikan rujukan oleh pemerintah daerah setempat dalam pengambilan keputusan juga menjadi referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” tutur Yandi Wirawandi selaku Ketua Panitia Pelaksana Ekspedisi Walrus Abu-Abu.

    Sementara Andi Muhammad Agung Pratama, ketua MSDC-UH, tim dapat berangkat dengan selamat, melakukan pengambilan data dengan baik, serta menyelesaikan semua titik-titik pengambilan data secara lengkap. Sementara kepada koordinator lapangan agar tetap wasapada dira anuraga dalam mengawal tim dari Sekretariat MSDC-UH hingga pengambilan data di Pulau Kakabia.

    “Saya berharap tim dapat kembali untuk memaparkan hasil ekspedisi,” tambahnya.

    Tim Ekspedisi Walrus Abu-Abu dijadwalkan akan kembali setelah dua minggu dari pemberangkatan dan akan melakukan pemaparan hasil ekspedisi dari data yang telah dihimpun.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here