More

    Intip Nemo Di Pulau Kelagian

    Ahmad Fauzan Sazli

    Ikan Nemo atau Ikan badut (Clownfish). FOTO : YOPIE PANGKEY

    PASAWARAN, Kabar Kampus – Snorkling atau diving ke Pulau Kelagian bisa menjadi pilihan akhir pekan minggu ini. Kelagian adalah salah satu pulau yang ada di Kabupaten Pasawaran, Lampung. Letaknya sekitar 25 km dari Bandar Lampung.

    Menuju ke pulau ini bisa naik kendaraan pribadi atau umum. Bila naik kendaraan umum dari Bandar Lampung kamu bisa naik angkot menuju Padang Cemin. Kemudian berhenti di pangkalan TNI AU atau Dermaga Ketapang.

    - Advertisement -

    Menyebrang ke Pulau Kelagian dari Dermaga Ketapang memerlukan waktu sekitar 30 menit. Menuju ke sana bisa menyewa kapal nelayan yang bisa memuat hingga 12 penumpang. Biasanya pemilik kapal menawarkan harga sewa kapal dengan harga 250 ribu rupiah untuk perjalanan pulang dan pergi atau menemani snorkling seharian di sana.

    Pulau Kelagian dikelilingi dua pulau lain yaitu Pulau Kelagian Kecil dan pulau Batu Mandi. Kesemuanya memiliki keunikan masing masing-masing. Seperti Pulau Batu Mandi yang berupa gugusan koral dan pasir yang muncul di permukaan laut.

    Bila ingin istirahat sejenak dan menikmati bibir pantai, kamu bisa mendaratkan kapal di Pulau Kelagian. Di sana kamu bisa menyewa pondokan yang tersedia di pulau tersebut. Untuk masuk ke pulau kelagian kamu diharuskan membayar biaya masuk 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk menyewa pondokan kamu cukup membayar 10 ribu rupiah.

    Ada di 3 spot snorkling disekitar Pulau Kelagian, yakni di Pulau Kelagian, Kelagian Kecil, dan Batu Mandi. Kamu bisa mencoba satu persatu ketiga tempat itu.

    Salah satu ikan yang populer yang dapat banyak di jumpai di sekitar Pulau Kelagian adalah ikan nemo. Ikan nemo dikenal dengan nama ikan badut atau clownfish. Ikan ini memiliki ciri berwarna dasar oranye cerah dengan corak garis putih dihiasi siluet hitam (Amphiprion ocellaris).

    Ikan Capung. FOTO : YOPIE PANGKEY

    Ikan nemo di wilayah ini  terdiri dari berbagai macam, ikan nemo yang dapat dijumpai disana antara lain  ikan nemo bergaris putih di punggungnya dan nemo dengan nama Fire Clownfish. Selain itu di sana dapat dijumpai hewan laut lain seperti, penyu, pari bintik biru, ikan buntal, ikan capung, lion fish, kakap bebek, dan sebagainya.

    Di Pulau Kelagian tidak ada penginapan. Bila ingin menginap di sana kamu bisa mendirikan tenda atau menumpang di rumah penduduk. O iya, kalo ingin berkeliling di Pulau Kelagian bisa menghubungi Yopie Pangkey 081362679007. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here