More

    ITB Entrepreneurship Challenge 2013, Wujud Kontribusi Nyata Mahasiswa ITB untuk Kemandirian Bangsa

    Andeli Monnika Wulansari – Head of Public Relations ITB Entrepreneurship Challenge 2013

    Tahun ini Keluarga Mahasiswa ITB (KM ITB) kembali menyelenggarakan ITB Entrepreneurship Challenge 2013 (IEC 2013) yang merupakan lomba bisnis nasional terbesar untuk mahasiswa di Indonesia. Pada tahun 2011 IEC sukses menjadi acara lomba ide bisnis nasional, dan berhasil menjadi reality show sebanyak 8 episode yang inspiratif dan edukatif pada salah satu stasiun televisi swasta.

    - Advertisement -

    Melihat kondisi Indonesia yang sedang bertumbuh dan berkembang khususnya dalam bidang kewirausahaan, semangat entrepreneurship harus dimiliki oleh masing-masing pribadi. Sudah seharusnya sebagai generasi penerus, mahasiswa memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan Indonesia yang mandiri. Untuk itu, kali ini IEC 2013 ingin memberikan sebuah “Torehan Nyata untuk Kemandirian Bangsa” dengan konsep acara yang berbeda dari lomba bisnis lainnya tentunya.

    Salah satu founder IEC, Goris Mustaqim, mengatakan, “ ITB telah menjadi kampus yang secara tradisional melahirkan para wirausaha nasional di masa lalu, di masa sekarang IEC telah menjadi pelopor gerakan kewirausahaan terdepan di kalangan mahasiswa. Saya berharap dengan perbaikan berkelanjutan IEC pun menjadi sejarah di masa depan dengan wirausahawan muda andal yang patriotik dan memiliki kepedulian sosial yang dilahirkannya.”

    IEC 2013 tidak hanya menjadi sebuah ajang perlombaan bisnis antar mahasiswa, namun juga menjadi wadah yang edukatif dan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk dapat mewujudkan ide bisnis mereka juga mengembangkan kualitas bisnis yang telah mereka miliki.

    Presiden IEC 2013, Kevin Giarto, mengungkapkan, “IEC merupakan salah satu karya yang didedikasikan oleh dan untuk para pemuda Indonesia. Tujuannya untuk membangkitkan semangat berinovasi dan berkarya dalam rangka potensi nusantara. Besar harapan kami bahwa banyak teman-teman dari berbagai universitas dapat berkontribusi dalam acara ini untuk Indonesia yang lebih mandiri.”

    IEC kali ini membuka pendaftaran untuk dua kategori yaitu Idea Canvas  bagi mahasiswa yang baru memiliki ide bisnis dan Start Up bagi mahasiswa yang sudah memiliki bisnis minimal selama 6 bulan sampai dengan 3 tahun.

    IEC 2013 akan disosialisasikan dengan membuka pendaftaran di Institut Teknologi Bandung 7 Desember 2012 hingga 17 Februari 2013 dan juga melalui website www.iecitb2013.com atau untuk informasi melalui twitter @IECITB2013.

    Pendafataran terbuka untuk mahasiswa di seluruh Indonesia dengan cara mengirimkan proposal bisnis yang kemudian akan dikaji oleh dewan juri dalam menentukan 20 tim terbaik untuk kemudian mengikuti Entrepreneur Training Camp, berkompetisi di IEC Expo, sampai akhirnya pemenang IEC 2013 akan diumumkan pada Gala Dinner bersama para investor.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here