More

    Kompetisi Esai Nasional Psychopedia UI

    Poster PSYCHOPEDIA ver2 (3508x4961)Departemen Pendidikan dan Keilmuan (P&K) BEM Psikologi UI mengundang mahasiswa S1 Psikologi di Indonesia untuk mengikuti kompetisi bidang keilmuan Psychology in Competition and Innovative Idea (PSYCHOPEDIA). Tahun ini PSYCHOPEDIA dilaksanakan dalam bentuk kompetisi esai nasional mengacu pada tagline “seeing through psychology”.

    Peserta esai akan mengkaji fenomena sosial dari sudut pandang ilmu psikologi dan memberikan sentuhan gagasan inovatif dalam karya esainya.

    Esai yang telah terkumpul akan memasuki tahap penjurian hingga terpilih 5 finalis esai terbaik. Selanjutnya, finalis diundang untuk mempresentasikan esainya dihadapan dewan juri dan kegiatan PSYCHOPEDIA diakhiri dengan pemberian reward berupa kelas eksklusif, seminar umum, dan pemberian apresiasi berupa uang tunai, sertifikat, serta plakat.

    - Advertisement -

     Rangkaian Acara

    Seluruh rangkaian kegiatan PSYCHOPEDIA diselenggarakan pada tanggal 31 Mei hingga 10 September 2014. Rangkaian acara dibagi menjadi tiga periode utama, antara lain:

    Pre-Event

    Tanggal : 31 Mei sampai 31 Agustus 2014

    Konten:

    • Publikasi dan pendaftaran

    • Periode pengiriman esai

    • Periode penjurian

    1.  Day 1

    Hari, tanggal : Selasa, 9 September 2014

    Tempat : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

    Waktu : Pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB

    Konten:

    • Penyambutan 5 finalis PSYCHOPEDIA 2014

    • Presentasi finalis

    1.  Day 2

    Hari, tanggal : Rabu, 10 September 2014

    Tempat : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

    Waktu : Pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB

    Konten:

    • Kelas eksklusif

    • Seminar umum

    • Ceremony pengumuman 3 besar pemenang dan dua pemenang harapan.

    Tentang Tema Kompetisi Esai Psychopedia

    Tema Kompetisi Esai PSYCHOPEDIA 2014 adalah “Ini Salah”. Melalui tema ini diharapkan peserta dapat menyampaikan gagasan berdasarkan analisis dan penjabaran ilmiah sebuah fenomena yang secara sekilas terlihat umum, tetapi apabila diulas secara mendalam menggunakan kepekaan, seseorang dapat melihat adanya kesalahan-kesalahan yang terjadi. Analisis ini disusun oleh mahasiswa dan ditujukan baik kepada masyarakat ataupun pemerintah. Tujuan penulisan esai ini adalah meningkatkan kesadaran, kepekaan dan kepedulian terhadap fenomena di sekitar kita untuk melihat fenomena secara lebih mendalam sehingga kita dapat mencegah dan memperbaiki kesalahan dan masalah yang terjadi.

     

    Tentang Sub Tema Kompetisi Esai Psychopedia

    Terdapat tiga sub tema esai yang dapat dipilih peserta untuk ditulis, yaitu

    1.)  Kesadaran akan hambatan anak muda dalam berkarya

    Topik ini dipilih mengingat peran anak muda dalam menciptakan berbagai inovasi sesuai dengan kemajuan zaman. Tentu saja peran tersebut dapat menghadapi berbagai hambatan. Melalui topik ini, diharapkan para peserta dapat menganalisis berbagai peran, hambatan, dan solusi untuk anak muda dalam berkarya.

    2.)  Kesadaran  akan kekurangan individu dalam tingkah laku berorganisasi di kampus

    Tidak semua individu memiliki ketertarikan dalam berorganisasi walaupun sisi positif dari berorganisasi itu sendiri sudah banyak dan dapat dirasakan dengan jelas. Ada juga yang masuk organisasi tetapi tidak optimal performanya. Fenomena ini tentu saja dapat dianalisis lebih dalam melalui ilmu psikologi untuk mengetahui penyebab dan solusi dari kekurangan-kekurangan tersebut.

    3.)  Kesadaran  akan terjadinya sexual abuse pada anak

    Sex abuse menjadi isu yang cukup banyak dibahas belakangan ini. Fenomena ini dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, khususnya psikologi, mulai dari penyebabnya, dampak, serta solusi ke depan untuk penyelesaian masalah ini. Peserta diharapkan dapat menganalisis lebih dalam mengenai berbagai hal yang salah dan perlu diperbaiki untuk mereduksi kejadi sexual abuse pada anak.

    Dalam menjabarkan pilihan topik di atas, argumen harus jelas dengan beberapa poin penting yang menjadi panduan penulisan esai, yaitu:

    1. Deskripsi fenomena yang anda angkat

    2. Penjabaran mengenai kesalahan yang terjadi disertai bukti

    3. Bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi

    4. Solusi dan saran atas masalah yang terjadi

    Tentang Kelas Eksklusif dengan Bpk. Prof. Sarlito Wirawan Sarwono

    Berbeda dengan berbagai kompetisi esai lainnya, lima finalis yang terpilih dalam kegiatan PSYCHOPEDIA memperoleh reward dalam bentuk kelas eksklusif bersama Prof. Sarlito pada tanggal 10 September 2014. Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono adalah Guru Besar Psikologi yang mendalami bidang Psikologi Sosial. Guru Besar yang juga seorang psikolog ini juga aktif pada berbagai organisasi, antara lain :

    APA (American Psychological Association)

    ICP (International Council of Psychologists)

    SPSSI (Society of Psychological Studies on Social Issues)

    IPS (Ikatan Psikologi Sosial)

    ApsyA (Asian Psychological Association)

    ASI (Asosiasi Sexologi Indonesia)

    Para finalis dapat berdiskusi lebih dalam dengan Prof. Sarlito selama dua jam dalam kelas yang berjudul Psikologi Sosial: dari Teori ke Terapan. Hanya lima finalis esai yang mendapat kesempatan ini. Tujuannya tentu saja agar pemahaman yang diperoleh mengenai berbagai fenomena sosial yang terjadi belakangan ini dapat lebih mendalam dan dicarikan solusinya bersama-sama.

    Tentang Seminar dengan Tika Bisono

    Selain mengadakan kompetisi esai, PSYCHOPEDIA juga menambah kontribusinya ke masyarakat dalam bentuk seminar pada tanggal 10 September 2014. Narasumber dalam seminar ini adalah Tika Bisono. Di mata Tika, psikologi merupakan bidang yang menarik karena mempelajari berbagai karakter dan kepribadian manusia. Selain menjalani profesinya sebagai psikolog, ibu tiga anak ini sehari-harinya juga bekerja sebagai dosen di beberapa universitas ternama di Indonesia. Tika tajam menyoroti tingkat kekerasan terhadap anak di Indonesia yang dari tahun ke tahun terus merangkak naik terutama yang dilakukan di lingkungan keluarga (http://www.tokohindonesia.com/biografi/article/347-selebriti/3355-lebih-fokus-jadi-psikolog)

    Seminar dapat diikuti oleh seluruh peserta lomba esai yang terdaftar dan selanjutnya juga dibuka untuk umum sesuai kuota peserta yang tersisa. Khusus untuk peserta seminar yang tidak menjadi peserta lomba esai akan dikenakan biaya pendaftaran seminar sedangkan untuk peserta kompetisi esai tidak dikenakan biaya.

    Tentang Pendaftaran Kompetisi Esai

    Kriteria Peserta Kompetisi Esai

    Peserta kompetisi esai adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, dibuktikan dengan melampirkan pada naskah tulisan yang dikirim fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang dilegalisir oleh pimpinan fakultas.

    1. Peserta mengirimkan uang pendaftaran (lomba esai dan seminar nasional) sebesar Rp. 75.000,00 ke nomor rekening BNI 0310829220 atas nama Dhiajeng Hesti Prameswara dan mengirimkan konfirmasi scan bukti pembayaran ke e-mail [email protected] (paling lambat 1 Agustus 2014) dengan subject “Psychopedia_Konfirmasi Pendaftaran_Nama_Universitas”. Apabila peserta sudah mendapatkan e-mail konfirmasi pendaftaran, maka peserta tersebut baru dinyatakan telah terdaftar dalam kompetisi ini.
    2. Esai dikirim dalam bentuk softcopy sesuai dengan ketentuan ke e-mail panitia [email protected] dengan subject “Psychopedia_Esai_Nama_Universitas”. Panitia akan mengirimkan konfirmasi pengiriman sebagai tanda karya peserta telah masuk dalam daftar esai yang akan memasuki tahap penjurian.

    Mekanisme pendaftaran lebih lengkap dapat dilihat di www.psychopedia2014.wordpress.com

     Hadiah

    Para pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai berikut:

    Juara I                              : Rp 2.000.000,00 + sertifikat + plakat

    Juara II                             : Rp 1.500.000,00 + sertifikat + plakat

    Juara III                           : Rp 1.000.000,00 + sertifikat + plakat

    Juara Harapan (2 orang) : Rp 250.000,00 + sertifikat (per orang)

    Lima (5) finalis                 : Kelas Eksklusif bersama Prof. Sarlito W. Sarwono

    Semua peserta                  : Seminar nasional bersama Tika Bisono

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here