More

    Festival Hari Anak: Melawan Bullying!

    19 10 2014 Festival Hari Anak

    Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal, BEM FISIP Universitas Indonesia (BEM UI) mempersembahkan “Festival Hari Anak: Melawan Bullying”. Kegiatan yang mengusung tema “Melawan Bullying” ini terdiri dari sejumlah acara yakni Seminar dan Bedah Film tentang Bullying, Kampanye Anti Bullying, dan Kompetisi Film Pendek.

    Festival Hari Anak ditujuan untuk siswa SMA atau sederajat. Mereka akan diberikan pengetahuan mengenai Bullying dan bagaimana mereka harus menanggapi Bullying tersebut.

    - Advertisement -

    Seminar dan Bedah Film

    Seminar ini dilakukan dengan tujuan memberikan pendidikan dan transfer pengetahuan mengenai segala hal tentang Bullying. Akan ada pula pemutaran film tentang Bullying dan pembedahan isi film tersebut. Seminar dan Bedah Film ini dihadiri oleh tiga orang dengan masing-masing latar belakang yang berbeda, yaitu perwakilan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), perwakilan dari Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan seorang figur publik yang masih berhubungan dengan isu anak dan bullying.

    Kompetisi Film Pendek

    Kompetisi Film Pendek ini memiliki maksud agar para peserta tidak hanya secara pasif menerima pemahaman tentang bullying tetapi juga secara aktif  terlibat dalam gerakan  memerangi bullying  ini. Film Pendek ini akan bertemakan “Melawan Bullying.”

    Kampanye Anti Bullying

    Kampanye Anti Bullying ini merupakan aksi nyata untuk menyuarakan Bullying kepada masyarakat yang lebih luas. Kampanye Anti Bullying akan dilakukan oleh peserta dan panitia lomba.

    Tindakan bullying adalah tindakan nyata yang berbahaya dan sangat dekat dengan kita. Terutama orang-orang yang berada dalam lingkungan pendidikan. Namun, seringkali tindakan bullying ini dianggap sebagai sebuah pewajaran. Padahal dampak-dampak yang dapat ditimbulkan akibat tindakan ini adalah dampak psikologis yang sangat berat bagi korban bullying. Oleh karena itu, dengan adanya acara “Festival Hari Anak: Melawan Bullying” ini bermaksud untuk menyuarakan seluas-luasnya mengenai bahaya bullying dan mengajak teman-teman untuk  bersama-sama melawan bullying. Selain itu, akan ada pula Penandatanganan Petisi yang merupakan bentuk komitmen dan janji untuk bersama-sama memerangi bullying di Indonesia, khususnya di dalam duinia pendidikan yang masih sangat marak. Petisi ini nantinya akan digunakan sebagai bahan kampanye yang akan dilakukan pada hari kedua rangkaian kegiatan Festival Hari Anak. Petisi ini juga akan menjadi identitas kampanye melawan bullying dengan cara disisipkan dalam film pendek yang akan diunggah melalui youtube channel BEM FISIP UI.

    Acara “Festival Hari Anak: Melawan Bullying” ini akan diadakan pada 29 November 2014 bertempat di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI DEPOK. Sedangkan, untuk kampanye akan diadakan pada 30 November 2014 di Car Free Day Sudirman, Jakarta, dan untuk kompetisi Film pendek pendaftaran dibuka mulai 1 oktober 2014 hingga 5 November 2014. Formulir pendaftaran Kompetisi Film pendek dapat diunduh di http://t.co/Fje0Na5zlL dan ketentuan Kompetisi Film Pendek dapat diunduh di http://t.co/ozppzkGbfz. Untuk informasi lebih lanjut silahkan follow twitter kami @FestivHariAnak.[]

     

    Salam Anti Bullying!

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here