More

    Pelatihan Guru Fisika Unpar 2016

     28 06 2016 PGF 2016Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan Pelatihan Guru Fisika (PGF) 2016. Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 27-29 Juli 2016 mendatang di Gedung 10 lantai 3 Unpar, Bandung .

    PGF merupakan agenda rutin Prodi Fisika yang dilaksanakan dua tahun sekali dalam skala nasional. Di tahun 2016, PGF mengusung tema “Inovasi Pembelajaran Fisika dalam Bidang: Renewable Energy”.

    Tema yang diambil berangkat dari salah satu agenda utama dari perjanjian Paris tentang perubahan iklim pada tahun 2015 lalu. Dalam perjanjian tersebut membicarakan target pengurangan emisi gas rumah kaca.

    - Advertisement -

    Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan beragam inovasi di bidang renewable energy (energi terbarukan) yang meliputi berbagai macam pembangkitan energi yang tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti tenaga angin, air, dan nuklir.

    Dengan dilatarbelakangi adanya kesadaran akan kondisi alam yang terus dihantui dengan emisi gas. PGF 2016 akan membekali para guru fisika SMP dan SMA pengetahuan mengenai energi terbarukan. Diharapkan mereka dapat berbagi ilmu dan menyiapkan siswanya menghadapi tantangan di masa depan.

    Dalam PGF 2016, para peserta akan dilatih untuk mempelajari dan mengajarkan konsep energi terbarukan dengan beberapa cara yang menarik dan inovatif, termasuk menggunakan alat demonstrasi sederhana. Ada pula sesi untuk melatih para peserta membuat alat demonstrasi sederhana yang dibuat oleh mereka sendiri. Selain itu, diadakan juga lomba fotografi bagi para peserta dengan tujuan untuk saling berbagi wawasan tentang energi terbarukan yang ditemui di lingkungan sekitarnya.

    Kegiatan ini turut mengundang sederet narasumber sebagai pembicara diantaranya, Alosius Rusli, Ph.D; Haryanto M. Siahaan, Ph. D; Janto V. Sulungbudi, S. Si., (ketiganya merupakan dosen Prodi Fisika Unpar); dan Niamul Huda, ST., M. Pd. (Pengembang Energi Terbarukan SMK, Departemen Teknik Energi Terbarukan PPPPTK BMTI, Bandung).

    Adapun kegiatan tersebut terdiri dari serangkaian acara PGF 2016 yang meliputi kunjungan ke bendungan dan PLTA di Jatiluhur; mengenal dan mengunjungi Pudak Scientific, Gedebage, Bandung; serta talkshow interaktif.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here