More

    Psyweek 2016 “Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental”

    20 08 2016 Poster PSYWEEKKesehatan mental merupakan salah satu unsur kesehatan manusia yang hingga saat ini masih kurang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Banyak yang mengira jika fisik sudah baik, maka orang tersebut bisa dikatakan sehat secara keseluruhan. Padahal, kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sayangnya, kesehatan mental terus dianggap remeh dan tidak mendapatkan perhatian sebanyak kesehatan jasmani.

    Untuk itu, BEM Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran mempersembahkan PSYWEEK 2016. PSYWEEK 2016 adalah suatu rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mental, dengan mengadakan campaign #IcareForMentalHealth dan berbagai perlombaan-perlombaan yang berkaitan dengan kesehatan mental. PSYWEEK 2016 berupaya memberikan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya mengelola stress dan bagaimana cara untuk melakukan coping stress yang baik dan sehat.

    PSYWEEK 2016 terdiri dari dua rangkaian acara, yakni Psyferia National Competition dan Troops 3X3 National Competition. Psyferia adalah kompetisi bidang akademik skala nasional yang di dalamnya terdiri dari empat perlombaan yaitu cerdas cermat, debat, short movie, dan lomba esai. Tema pada setiap acaranya tidak jauh-jauh dari kesehatan mental, yang mana dengan diadakannya lomba ini, masyarakat terutama kaum pelajar dapat mengasah wawasannya akan pentingnya kesadaran tentang kesehatan mental.

    - Advertisement -

    Acara berikutnya adalah Troops, yaitu pertandingan basket tiga lawan tiga yang diadakan dalam skala nasional pula. Ada tiga kategori yang akan dilombakan dalam Troops, yaitu kategori SMA/SMK, mahasiswa, serta umum. Kesehatan mental bisa diraih dengan melakukan hobi atau hal-hal yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan bermain basket. Hal inilah yang coba diangkat oleh perlombaan Troops 3X3 National Competition. Masyarakat diajak untuk mengimplementasikan kesehatan mental secara langsung saat bermain basket.

    Dalam menjaga kesehatan mental kita, banyak hal positif yang bisa dilakukan, di antaranya adalah stay connected; menjaga relasi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar, be active; melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, hobi, atau hal-hal yang disukai, dan think positive; yakni berpikir positif dalam menghadapi kehidupan. Tiga elemen kesehatan mental ini menjadi dasar kampanye pentingnya kesadaran akan kesehatan mental yang diusung PSYWEEK 2016.

    Salah satu cara PSYWEEK 2016 untuk menunjukkan kepedulian pada kesehatan mental di Indonesia adalah dengan mengadakan campaign yang mengajak masyarakat untuk memasang twibbon #ICareForMentalHealth. Untuk berpartisipasi dalam campaign ini, kamu bisa menambahkan official account LINE @psyweek, lalu ketik MENTAL HEALTH di chat box-nya. Pilih dan ketik strategi coping stress yang biasa digunakan, yaitu antara stay connected, be active atau think positive. Ceritakan strategi dalam mengatasi stres dan unggah ke Instagram disertai tag foto ke akun @psyweek.unpad. Jangan lupa untuk tag teman-temanmu agar mereka dapat berpartisipasi dalam campaign ini.

    Untuk langkah lebih lengkapnya tambahkan official account @psyweek di LINE kamu. I dare you to join this viral campaign! Dengan berpartisipasi dalam kampa nye ini, kamu telah membantu ribuan orang di luar sana untuk peduli dengan kesehatan mentalnya. Jangan lupa ajak teman-teman kamu untuk mengikuti misi #ICareForMentalHealth ini!

    HEALTH IN, STRESS OUT!

    Untuk info lebih lanjut, silakan add dan follow akun official kami:

    Twitter: @psyweek_unpad

    Instagram: @psyweek.unpad

    Line@: @psyweek

    Web: psyweek-unpad.com

    #ICareForMentalHealth

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here