More

    Dua Roket UNY Siap Berlaga di Komurindo

    Ahmad Fauzan Sazli

    ILUSTRASI / iswandibanna.com

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Jelang Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) pada 8 -10 Juni 2012, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) siapkan dua tim roket UNY. Dua tim itu yaitu, Pasupati dan Ksatria Langit.

    Dua tim UNY ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dan anggota UKM Rekayasa Teknologi. Untuk tim Ksatria Langit beranggotakan Qodrat Wahyu DS, Fajar Prastya, Anjar Adi Saputro, Bangun Dewantoro, Bayu Prasetyo, Hadi Sutrisno dan Nur Cahyono. Sedangkan tim Pasupati terdiri dari Susanto Fibriantoro, Muhtar Lutfi A, Andri Jeniawan, Mara Hendra, Eko Dwi Cahyono dan Herianto.

    - Advertisement -

    Wakil Rektor III UNY, Sumaryanto, menjelaskan bahwa tim roket UNY sudah merancang dan merakit payload yang terdiri dari hardware payload dan software ground segmen yang telah diujicoba dan berjalan dengan baik sesuai ketentuan Komurindo.

    “Mudah-mudahan kegiatan Komurindo dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Yang penting lagi tim UNY dapat memperoleh hasil terbaik pada kompetisi ini sebagaimana harapan Bapak Rektor tadi. Sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” kata Sumaryanto seperti dilansir pada laman UNY.

    Ajang Komurindo tahun ini mengusung tema “Attitude Monitoring and Surveillance Payload,” yaitu kompetisi untuk mendapatkan hasil rancang bangun muatan roket (payload) yang mampu kembali kepada sasaran yang telah ditentukan (homming) setelah terlepas dari roket peluncur.

    Komurindo 2012 akan akan diikuti 40 tim dari 32 perguruan tinggi. Bertempat di Pantai Congot Kulonprogo Yogyakarta, pada 8-10 Juni mendatang.

    “Ada tiga uji dalam Komurindo yaitu uji fungsional, uji terbang dan uji analisa data”, kata Budi Tri Siswanto Wakil Dekan III FT UNY sekaligus Ketua Panitia Komurindo.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here