More

    Pengguna Facebook Meningkat 15 Persen, Keuntungan Naik 3 Kali

    ABC AUSTRALIA NETWORK

    Pendiri Facebook Mark Zuckerberg (Credit: Reuters)
    Pendiri Facebook Mark Zuckerberg (Credit: Reuters)

    Semakin banyak orang menggunakan Facebook, dan sosial media raksasa ini semakin banyak meraup keuntungan dan juga pengguna.

    Dalam laporan keuangan terbarunya, Facebook mengatakan keuntungan di tiga bulan pertama di tahun 2016 naik tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu, menjadi $ 1,5 miliar, dan pendapatan keseluruhan naik dari $ 3,5 miliar menjadi $ 5,4 miliar dalam dua belas bulan terakhir.

    - Advertisement -

    “Ini adalah permulaan yang bagus tahun ini.” kata pendiri dan direktur eksekutif Facebook Mark Zuckerberg.

    Angka pengguna Facebook bulanan juga meningkat tajam, dengan sekarang 1,65 miliar penduduk dunia menggunakan sosial media tersebut dan ini merupakan kenaikan 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Angka pengguna Facebook setiap hari juga naik 16 persen ke angka 1,09 miliar orang, dengan semakin banyak yang menggunakan ponsel atau tablet.

    Laporan keuangan ini juga menunjukkan Facebook menggunakan posisi dominannya di sosial media untuk mendapatkan iklan lebih besar, karena semakin banyak orang yang menggunakan layanan barunya seperti menonton video langsung.

    Menyusul laporan tahunan tersebut, harga saham Facebook naik 9 persen menjadi $ 119 dolar. Penghasilan dari perusahaan sosial media yang berbasis di California tersebut dari iklan saja naik 57 persen dalam tiga bulan pertama tahun 2016.

    “Facebook semakin kuat saja dalam setiap kuartal, pangsa pasar iklan mereka semakin naik, dan mereka semakin banyak memiliki saluran lain untuk meningkatkan pendapatan.” kata analis eMarketer Debra Aho Williamson.

    ‘Dua tahun lalu, Facebook mulai membuka ruang iklan di halaman newsfeed, dan kita melihat para pemasang iklan mulai berani memasang dan membuat iklan yang khusus dibuat untuk Facebook, bukan sekedar mengubah apa yang sudah dibuat sebelumnya untuk televisi.” kata Williamson.

    Menurut pantauan, Facebook akan mendapat $ 10,2 miliar dari penghasilan iklan di Amerika Serikat tahun ini, dan itu merupakan 31,2 persen dari pengeluaran iklan keseluruhan. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here