More

    Melbourne: Ibukota Olahraga Dunia

    AUSTRALIA PLUS INDONESIA

    Melbourne telah diakui secara resmi sebagai ibukota olahraga dunia selama sepuluh tahun terakhir.

    Stadion AAMI-Park Melbourne yang berbentuk persegi panjang yang memiliki kapasitas hingga 30 ribu orang penonton.
    Stadion AAMI-Park Melbourne yang berbentuk persegi panjang yang memiliki kapasitas hingga 30 ribu orang penonton.

    Melbourne juga telah mendapat julukan sebagai kota “dengan dampak terbesar selama lebih dari 10 tahun” oleh SportBusiness Ultimate Sport Choice City, pemberian peringkat paling bergengsi untuk kota penyelenggara olahraga terbaik di dunia.

    - Advertisement -

    Secara keseluruhan, Kota Melbourne hingga kini tercatat sudah 3 kali memenangkan pemeringkatan oleh Ultimate Sports City ini, yakni pada tahun 2006, 2008 dan 2010 dengan mengalahkan sejumlah kota besar lainnya di dunia seperti Berlin, London, New York dan Sydney.

    Selain tercatat sebagai ibukota olahraga dunia selama 10 tahun terakhir, Melbourne juga berhasil merebut penghargaan untuk kategori Kota Olahraga Terbesar dan Terbaik di dunia serta Kota Penyelenggara Olahraga Terbaik di dunia.

    ( Baca juga : 5 Atraksi Menarik Saat Kota Melbourne Tidak Tidur di White Night )

    Pengakuan tersebut merujuk pada keberhasilan Melbourne sebagai penyelenggara event olahraga paling diminati di dunia.

    Melbourne antara lain pernah menjadi tuan rumah Kejuaraan Tenis Grand Slam Australia Terbuka, Grand Prix Formula 1 Australia, MotoGP dan daftar panjang peristiwa besar olahraga lainnya termasuk:

    • Kejuaraan Olahraga Negara Persemakmuran (Commowealth Games) 2006
    • Kejuaraan renang tingkat dunia (FINA World Swimming Championships) 2007
    • Kejuaraan Dunia Olahraga Bersepeda (UCI Road World Championships) 2010
    • Piala Dunia Kriket (ICC Cricket World Cup) 2015
    • Piala Asia AFC 2015

    Dan masa depan tampak cerah karena Melbourne kembali berhasil mengamankan posisinya sebagai penyelenggara sejumlah kejuaraan olahraga penting di dunia seperti Kejuaraan Golf dunia – Presidents Cup; Piala Dunia Golf; Piala Sepak Bola Internasional Champion Cup dan pertandingan antara tim sepak bola nasional Australia (Socceroos) dengan Yunani.

    ( Baca juga : Jalan-jalan Sambil Membaca Sejarah Melbourne Town Hall )

    Selain itu Kota Melbourne juga dikenal memiliki sejumlah fasilitas olahraga berkelas dunia seperti stadion olaharaga MCG yang ikonik, Etihad Stadium, AAMI Park, Melbourne Park dan Hisense Arena.

    Melbourne juga dikenal sebagai kota yang memiliki penggemar olahraga yang bersemangat dan setia yang selalu membaur dengan pengunjung dari negara lain di dunia dan membuat berbagai event olahraga setiap minggungnya berlangsung sukses.

    Inilah alasan yang membuat raksasa sepak bola Eropa Liverpool dan Real Madrid memilih bermain di Melbourne dan begitu juga para penggemar rugby dari Sydney memilih datang ke Victoria untuk berlaga di pertandingan rugby yang disebut State of the Origin antara NSW melawan Queensland dihadapan 90 ribu orang penggemarnya.

    Artikel ini disediakan oleh Pemerintah Negara Bagian Victoria.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here