More

    Bangun Kemandirian Panti Asuhan Lewat “Pantastik”

    Mahasiswa UI menggagas program Pantastik untuk membangun kemandirian di panti asuhan. (UI)
    Mahasiswa UI menggagas program Pantastik untuk membangun kemandirian di panti asuhan. (UI)

    Fungsi panti asuhan saat ini telah berubah tidak hanya memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak-anak, namun juga sebagai penyedia layanan pendidikan. Hal ini didukung fakta bahwa 90 persen anak-anak di panti asuhan masih memiliki orang tua. Sehingga panti asuhan dituntut lebih mandiri, karena banyak anak yang akhirnya menggantungkan masa depan pendidikannya kepada panti asuhan.

    Permasalahan ini membuat Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-M) UI membuat suatu program dengan konsep healthpreneur dengan nama Panti Asuhan Sehat, Mandiri, dan Kreatif (Pantastik). Program ini adalah berwirausaha dengan dasar kesehatan (kesehatan lingkungan dan gizi).

    Program Pantastik dilakukan di  Panti Asuhan Ar-Ridho, di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Panti asuhan ini mengandalkan donatur untuk memenuhi kebutuhan finansial. Sementara pendidikan dan kesadaran anak-anak panti akan kesehatan dan lingkungan di dalam panti masih kurang.

    - Advertisement -

    Oleh karena itu lewat program ini, Tim PKM UI berusaha mengatasi persoalan tersebut. Mereka memberikan tiga materi utama kepada anak-anak panti, yaitu menanam tumbuhan bermanfaat, membuat pupuk kompos, serta edukasi gizi seimbang. Diharapkan program ini dapat mencapai tiga nilai, yaitu Sehat, Mandiri dan Kreatif yang didapatkan dari peningkatan kesadaran anak-anak panti terhadap kesehatan lingkungan dan gizi mereka.

    Sejumlah produk yang dihasilkan dari program ini adalah pos-box dan tahu schotel. Pos-box merupakan paket pot berisi media tanam berupa pupuk kompos dan bibit tumbuhan dengan kemasan yang menarik. Sedangkan produk tahu schotel diharapkan dapat dijual melalui warung atau koperasi disekitar panti.

    Tahu schotel dan pos-box
    Tahu schotel dan pos-box

    Kedua produk ini nantinya dijual dan hasil penjualan ini diharapkan dapat  menghasilkan dana bagi panti asuhan untuk kegiatan operasional panti. Sehingga kemandirian finansial Panti Asuhan Ar-Ridho dapat terwujud serta tingkat kesehatan lingkungan panti juga dapat meningkat.

    Untuk menyukseskan program Pantastik, PKM UI didukung olehmahasiswa kesehatan lingkungan FKM UI, mahasiswa Gizi FKM UI, UI Berkebun, UI Cooking Club, dan sadkes.com.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here