More

    Fenomena Langka di Taman Nasional Great Sand Dunes

    Travel Leisure

    Setiap tahun, fenomena alam langka merubah Taman Nasional Great Sand Dunes dan Medano Creek menjadi surga bermain bagi pencinta air.

    - Advertisement -

    Baru-baru ini sebuah video diunggah oleh layanan taman nasional, untuk menjelaskan fenomena tersebut. Fenomena ini dinamai surge flow (aliran arus), yang hanya akan terjadi ketika salju yang meleleh dari puncak tebing mengalir turun ke lereng berpasir yang ada di bawah . Hal ini meyebabkan goncangan bawah air yang bisa menghasilkan gelombang kira-kira setiap 20 detik selama musim semi dan awal musim panas.

    Menurut Nicholas Scarborough, seorang ranger pelatih di taman nasional ini, surge flow hanya terjadi di tempat-tempat yang memiliki dasar sungai berpasir kecil tanpa ada kerikil dan batu.

    Alasannya sederhana, karena ketika hanya ada pasir, maka akan terbentuk riak-riak di atasnya, yang berbentuk gundukan gundukan air yang akhirnya menciptakan gelombang ketika akhirnya dilepaskan.

    Karena di Medano Creek salju-salju terkumpul di atas pegunungan tinggi Sangre De Cristo, ketika temperatur meningkat dan salju-salju ini mulai mencair, maka aliran air (surge flow) ini menciptakan gelombang-gelombang di sungai-sungai yang dangkal. Hal ini menjadikan lokasi tersebut cocok untuk kegiatan seperti water tubing atau wakeboarding. Water tubing adalah permaian air, dengan menaiki sebuah ban kecil sedangkan wakeboarding adalah berselancar di atas permukaan air.

    “Di bawah sana terlihat seperti pesta pantai jika kamu ke sana..” ucap Scarborough pada travel+Leisure.

    “Orang-orang membuka tenda mereka dan berpiknik di samping sungai kecil, sementara anak-anak bermain di air dan membuat istana atau bendungan kecil meraka sendiri dari pasir itu.”

    Inilah mengapa, para ranger di tempat ini memberinya alias baru, “Pantai Alami Colorado” dengan dasar sungai yang terletak di sekitar taman nasional, menciptakan pemandangan alam yang mempesona.

    Medano Creek, saat ini mendekati arus puncaknya menurut Scarborough dan akan kembali kering mendekati bulan Juli. Hal ini artinya masih memberi siapa saja waktu untuk menikmati langsung seluncuran alami ini.

    Untuk menikmatinya, hanya perlu membayar biaya masuk taman nasional seharga 7$ per orang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here