More

    5 Alasan Anak Kampus Suka Ngeband

    Endah Kemala

    anak bandAnak kampus punya segudang aktivitas. Salah satu yang selalu menjadi impian selama kuliah adalah membuat band kampus. Coba perhatikan dengan baik, ada berapa banyak band di kampus kamu yang eksis, ada berapa banyak gigs diselenggarakan di kampus tiap minggu. Kegiatan positif ini membuktikan, musik kampus tak pernah sepi.

    Baik, tanpa perlu berpanjang lebar, mari kita selidiki apa penyebab banyak banget mahasiswa suka ngeband. Yuk kita ulik, jreng!

    - Advertisement -

    Pengen Ngetop
    Jadi ngetop dan eksis seringkali menjadi pemicu bagi anak remaja untuk membentuk sebuah band. Dan hal itu terbawa hingga mereka kuliah. Menjadi idola kaum muda, disukai banyak cewek dan memiliki banyak teman membuat kepercayaan diri mereka menjadi meningkat. Adalah salah satu sifat manusia senang akan pujian serta pengakuan dari orang lain. Itu akan membuat mereka merasa satu level di atas orang lain.

    Pembuktian Diri
    Setiap orang ingin dikatakan hebat atau menguasai sesuatu. Dengan ngeband setidaknya ia memiliki pembuktian diri bahwa ia bisa. Bagi mahasiswa, dunia kuliah adalah dunia yang membentuk kedewasaan, dunia yang menuntut kelebihan dan kemampuannya. Tidak semua mahasiswa bisa memiliki IP di atas 3, tidak semua mahasiswa jago berorganisasi dan berdebat.  Di sinilah mereka membutuhkan wadah, untuk membuktikan diri bahwa ada suatu pencapaian prestasi yang dapat mereka lakukan. Tanpa menampik banyak juga anak band yang secara akademik memuaskan.

    Eksplorasi Diri
    Seseorang selalu butuh wadah eksplorasi diri untuk menyeimbangkan rasa bosan mereka terhadap kegiatan akademik. Musik bisa sangat membantu lho. Dengan musik mereka dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan secara maksimal. Dan waktu kuliah ini adalah waktu bagi banyak mahasiswa mendapatkan kebebasannya. Bila ketika SMA kamu masih diatur orangtua dan sering dimarahin jika main band, maka ketika kuliah kamu sudah bisa menentukan sikap. Jadi untuk membebaskan diri dari stres dan kejenuhan, ngeband sangat ampuh menjadi obatnya.

    Memang Suka Musik
    Tentu jika tidak suka musik kamu gak akan ngeband. Dengan ngeband kamu bisa menyalurkan bakat dan kesukaan terhadap musik. Apalagi musik itu masalah selera. Jadi gak perduli band kamu bergenre rock, raggae, pop, hingga mendayu-dayu, jika sudah suka bisa diekspresikan melalui musik. Bermusik adalah kebebasan yang tidak dapat diganggu gugat. Terutama kesenangan untuk memainkan alat musik yang bisa membuatmu melupakan banyak hal. Kemudian hanyut bersama dengan alunan nada dalam musik itu.

    Ekspresi Emosi
    Ketika lagi sedih atau kesal dan ingin teriak, musik juga sering menjadi wadah pelampiasan. Lihat saja banyaknya band yang membuat syair lirik dari pengalaman pribadi mereka. Baik karena putus cinta, cinta bertepuk sebelah tangan, jatuh cinta, rasa kesal terhadap lingkungan sosial dan lainnya semua bisa dibuat menjadi lirik lagu. Kamu juga bisa ber-rock ria dengan band kamu sambil teriak-teriak. Orang lain gak akan bilang kamu gila jika teriak sambil bernyanyi, karena dianggap sebuah seni. Dengan memainkan alat musik pula, jika kamu lampiaskan dengan benar, akan menghasilkan harmonisasi nada yang ok banget loh.

    Ada lagi alasan kamu suka Ngeband? Mungkin bisa dishare jadi lirik lagu. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here