More

    Bau Mulut Penyebab Tragedi Percintaan Mahasiswa dan Dosen

    Endah Kemala

    19032013 ilustrasi bau mulutBau mulut sama aja tragedi dalam hidup kamu sebagai mahasiswa. Jangan tanya kalo gebetan kamu,yang dosen muda itu, tiba-tiba menghindar secara perlahan. Apalagi pas kamu pura-pura berkonsultasi dengan dirinya secara dekat. Pastinya doi bakal tahan napas, dan kapok ngobrol sama kamu lagi. Gak mau kan kehilangan momen romantis pas bareng doi. Kamu harus rajin menjaga kebersihan mulut biar gak bau.

    Yuk kita lihat caranya.

    - Advertisement -
    1. Sikat gigi dengan rajin. Bau mulut biasanya muncul akibat adanya plak yang menjadi sarang dari bakteri akibat adanya makanan yang tersisa di antara gigi. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, tapi jangan terlalu berlebihan karena dapat mengikis email gigi dan membuatnya rentan terhadap kerusakan.
    2. Membersihkan lidah dengan sikat secara lembut, karena lapisan yang biasanya membentuk di lidah dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri yang membuat bau busuk. Kamu juga bisa menggunakan pencakar lidah untuk membersihkan bagian belakang lidah.
    3. Kumur-kumur setelah makan untuk membatu menghilangkan sisa makanan yang menyelip pada gigi. Kamu juga bisa menggunakan obat kumur agar lebih afdol.
    4. Sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan yang membuat mulut menjadi bau, seperti bawang mentah. Taukah kamu? Ternyata bau bawang gak akan hilang hanya dengan sikat gigi setelah memakannya, karena zat yang mudah menguap yang dikandungnya membuat jalan mereka ke dalam aliran darah dan perjalanan ke paru-paru. Baunya akan lama hilang, hindarilah memakannya ketika akan bertemu si doi.
    5. Rokok adalah salah satu penyebab terbesar kenapa bau mulut. Bahkan bisa meningkatkan risiko kanker mulut. Jadi, sebaiknya berhenti merokok dari sekarang.
    6. Hindari pula minuman keras. Zat yang dikandungnya sangat keras dan bisa membuat gigi menjadi rusak dan bau mulut.
    7. Sering-seringlah minum air putih. Kurangnya air liur dapat membuat gigi rusak dan menyebabkan bau mulut. Selain minum yang banyak, siapkan permen karet tanpa gula untuk berjaga-jaga apabila mulutmu kering.

    Bagaimana kalau mulutmu sudah terlanjur bau? Jangan cemas, karena ada resep alami yang mudah kamu buat untuk menghilangkan bau mulut

    Siapkan ½ kg kilogram kapur atau gamping yang putih bersih, dan ayak untuk diambil bagian halusnya. 15 lembar daun sirih yang telah ditumbuk hingga halus, ½ ons ketumbar yang telah ditumbuk halus, 3 batang sereh ditum buk hingga halus, serta  air yang bersih secukupnya. Campur semua bahan tersebut dan aduk rata. Tutup dengan kain tipis dan embunkan selama satu malam. Bila semua ramuan tersebut sudah mengendap sehingga air yang bening naik ke permukaan, maka ambil air tersebut dan gunakan sebagai obat kumur. Lakukan dengan rajin dan teratur.

    Gak sulit kan melakukannya? Kecuali kamu bangga dengan bau mulutmu.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here