More

    Mahasiswa UNY Kembangkan Kamus Bahasa Jawa di Ponsel

    Ahmad Fauzan Sazli

    Ponsel kamus Jawa

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan  aplikasi kamus bahasa Jawa – Indonesia untuk telepon selular (ponsel). Selain memberikan definisi atau arti dari bahasa Jawa ke Indonesia ataupun sebaliknya, aplikasi kamus ini juga mampu memberikan contoh pengucapan.

    - Advertisement -

    Adalah Yudha Pratama, Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik UNY yang mengembangkannya. Pengembangan software ini berangkat dari keprihatinannya terhadap belum banyaknya pengembangan aplikasi yang mengarah pada pelestarian bahasa Jawa.

    “Perkembangan teknologi bidang telekomunikasi dan informasi kurang diimbangi dengan pelestarian adat budaya Jawa,” kata Yudha.

    Menurutnya, hal itu terjadi terutama pada bidang pemograman. Terlihat bahwa pemrograman yang teredia lebih banyak aplikasi pengenalan budaya asing. “Faktanya eksistensi penggunaan bahasa Jawa oleh masyarakat Jawa terus saja menurun,” kata Yudha.

    Yudha menjelaskan, bahwa software ini berbasis J2ME, maka ponsel yang digunakan adalah ponsel dengan sistem operasi yang mendukung teknologi Java (Java 2.0) di antaranya adalah Symbian, Java, dan Blackberry.

    “Terdapat lima menu, di antaranya menu Bahasa Jawa-Bahasa Indonesia, menu Bahasa Indonesia-Bahasa Jawa, menu Petunjuk Penggunaan, menu Tentang Aplikasi, dan menu Keluar”, ungkapnya Yudha menjelaskan tampilan programnya setelah diinstal.

    Karena dapat digunakan kapan pun dan di mana pun. Yudha berharap program buatannya ini dapat membantu seseorang mempelajari bahasa Jawa dengan lebih mudah.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here