More

    Anak Umur 14 Tahun Rancang Sepatu Anti Kekerasan Seksual

    09 06 2013 ilustrasi sepatu anti kekerasan seksual karya gafur

    Endah Kemala

    Sebagai mahasiswa, udah seharusnya kita bisa menghasilkan karya yang dapat dibanggakan sebagai anak bangsa. Akan tetapi, anak satu ini bahkan merupakan seorang pelajar SMP dan mampu membuat penemuan yang sangat bermanfaat dan membanggakan. Sepatu anti kekerasan seksual buatan Hibar Syahrul Gafur, siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bogor ini sangat bermanfaat, terutama untuk keadaan saat ini yang sangat rentan dengan kejahatan seksual bagi wanita. Karya ini, bahkan berhasil membuatnya meraih medali emas dalam kompetisi International Exhibition of Young Investor (IEYI) untuk kategori Safety and Health di Malaysia.

    - Advertisement -

    Penasaran dengan sepatu ini? Sebenarnya, bentuknya sendiri sama seperti wedges yang biasa digunakan oleh banyak wanita. Tapi jangan salah, pada hak dari sepatu ini terdapat rangkaian listrik.

    Jadi, pada saat ada penyerang yang ingin melakukan kekerasan seksual, pengguna bisa langsung menginjak tombol pada bagian belakang sepatu. Dengan adanya aliran listrik sebesar 450 volt dapat membuat penyerang menjadi terjungkal dan membuatnya lumpuh untuk beberapa saat.

    Idenya sendiri muncul akibat maraknya pemberitaan mengenai pemerkosaan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Sayangnya, sebelum pengumuman pemenang, sepatu hasil karyanya ini sempat diremehkan oleh beberapa pengunjung.

    Akan tetapi, tak disangka anak berumur 14 tahun ini berhasil menyabet tiga emas dan dua perak untuk beberapa kategori lain, dalam kompetisi yang diikuti oleh 13 negara. Uniknya sepatu ini dibuat dengan hanya menggunakan gelang logam dan rangkaian raket nyamuk, namun sangat efektif untuk melumpuhkan lawan. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here