More

    Bersihkan Jerawat Dengan Benar Biar Gak Berbekas

    Endah Kemala

    09 06 2013 ilustrasi jerawatJerawat emang bikin kesel dan selalu buat kita gak pede dengan penampilan. Padahal jerawat itu emang lumrah hadir di saat usia-usia muda seperti mahasiswa. Pada usia inilah hormon kita susah banget dikontrol. Belum lagi dengan kegiatan seabrek yang bikin kita harus bepergian ke sana kemari, terkena polusi, namun gak peka sama wajah. Akan tetapi, kalo jerawat ini tiba-tiba muncul di wajah kamu, hati-hati lho dalam menghilangkannya. Karena kesalahan dan keteledoran ini bisa bikin jerawat membekas dan membuat noda di wajah.

    Untuk itu, kamu gak boleh sama sekali memecahkan jerawat sembarangan, apalagi dengan tangan yang kotor. Ini bisa membuat lapisan kulit menjadi rusak dan kuman pada tangan menempel di kulit yang luka. Nantinya akan menimbulkan noda hitam, bahkan bekas parut yang susah banget hilang. Gak hanya itu, pecahan jerawat biasanya akan disertai dengan getah. Getah ini mengandung bakteri, yang ketika mengenai bagian kulit lain, akan membuat kulit itu menjadi tertular. Dan jerawat akan menjadi bertambah banyak. Wah ngeri banget kan?

    - Advertisement -

    Makanya, kamu harus rajin untuk selalu membersihkan wajah dengan air. Minimal dua kali dalam  sehari. Air dipercaya dapat membantu kulit untuk tetap terjaga kelembabannya, sehingga memudahkan  proses regenerasi. Akan tetapi, ketika kamu baru pulang dari bepergian, jangan langsung cuci wajahmu. Kulit wajah yang baru aja terkena hawa siang hari masih dalam kondisi panas. Untuk itu, biarkan beberapa saat hingga suhunya menjadi kembali normal. Baru langsung bisa kamu bersihkan dengan air yang sejuk dan bersih.

    Sudah bermasalah dengan noda jerawat? Jangan kamu biarkan. Sekarang kamu bisa kok mengatasinya dengan cara alami dan dengan bahan yang mudah didapat.

    Membuat Masker dari Pepaya

    Adanya kandungan papain yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, maka pepaya apabila dijadikan masker akan membuka pori-pori yang tadinya tersumbat. Selain itu, masker pepaya juga dapat menghilangkan minyak pada wajah dan menganggkat sel-sel kulit yang telah mati. Caranya, haluskan papaya telebih dahulu, dan oleskan pada wajah. Biarkan mengering, kira-kira selama 15 hingga 20 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan masker ini secara rutin setiap hari hingga noda jerawat hilang.

    Membuat Masker dari Putih Telur

    Sebagai masker, putih telur berkhasiat untuk memperkecil pori-pori kulit, menghilangkan kelebihan minyak dan menghilangkan noda-noda jerawat pada wajah. Akan lebih bagus khasiatnya jika kamu menggunakan telur ayam kampung. Ambil putihnya dan kocok hingga mengembang. Tambahkan sedikit perasan jeruk lemon. Oleskan pada wajah secara merata. Biarkan mengering kira-kira 20-25 menit. Cuci mukamu dengan air hangat. Ingat jangan terlalu sering menggunakannya, cukup dua kali selama satu minggu.

    Masih resah dengan masalah jerawat? Atasi dari sekarang! []

    - Advertisement -

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here