More

    Cara Mudah Membuat Notes Sendiri

    Mega Dwi Anggraeni

    Workshop Book Binding. Foto Mega Dwi Anggraeni
    Workshop Book Binding. Foto Mega Dwi Anggraeni

    Membuat notes atau buku catatan sendiri adalah hal yang mudah. Asalkan mengenali dasar-dasarnya. Jika sudah mengenali hal itu maka notes pun akan terjilid dengan rapi.

    Ada beberapa teknik untuk membuat notes atau menjilid buku. Sebelum melakukan teknik yang rumit, ada baiknya jika melatih tangan dengan membuat notes yang sederhana.

    - Advertisement -

    Tarlen Handayani, seorang Book Binder dari Toko Buku Kecil memberikan beberapa tips untuk membuat teknik binding yang sederhana. Biasanya dia memberikan tips ini kepada para pemula di workshopnya.

    Mempersiapkan alat-alat dasar

    Ada beberapa alat penting yang diperlukan untuk membuat notes dan menjilid buku. Alat itu yakni pembolong kertas, benang, serta jarum. Untuk jarum, sebaiknya menggunakan jarum dengan lubang benang yang besar. Karena benang yang digunakan bukan benang tipis, tetapi benang tebal seperti benang katun.

    Mempersiapkan Kertas

    Untuk membuat notes, membutuhkan kertas. Hampir semua benda yang berbentuk lembaran bisa dijahit dan dijilid. Tetapi untuk notes-notes buatannya, Tarlen biasa menggunakan kertas art  berukuran A5.

    Sampul

    Kertas sampul ini bisa dipilih sesuai dengan selera. Bisa polos, bisa juga bergambar. Tetapi,  ukuran untuk sampul sebaiknya disesuaikan dengan kertas isi.

    Melipat Kertas

    Jika sudah mendapatkan kertas yang diinginkan untuk sampul dan isi, lipat menjadi dua kertas tersebut sampai garis lipatan terlihat. Garis lipatan merupakan penanda untuk langkah menjilid berikutnya.

    Melubangi

    Untuk menjilid, kita membutuhkan minimal tiga lubang pada kertas. Lubangi kertas, tepat di garis lipatan dengan menggunakan pembolong kertas. Jangan lupa, sesuaikan jarak antar lubangnya. Sebaiknya, proses ini dilakukan di atas meja karena cukup berbahaya.

    Menjahit

    Setelah mendapatkan lubang yang diinginkan, proses selanjutnya adalah menjahit. Siapkan benang dengan panjang dua kali tinggi notes atau buku. Sebaiknya gunakan benang tebal seperti benang sulam.

    Kemudian masukkan benang pada ketiga lubang ada dengan menggunakan jarum sulam. Usahakan, benang terakhir muncul pada lubang bagian tengah. Kencangkang, kemudian ikat benang dengan tali mati.

    Rapikan

    Jika kertas-kertas sudah terjahit. Notes pun jadi, tetapi untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan rapikan pinggir notes dengan cutter.

    Sabar

    Karena proses membuat notes dan menjilid buku membutuhkan waktu yang cukup panjang, mulai dari mengukur kertas, melipat, memotong, memasukkan benang ke dalam lubang, menjahit, dan merapikan, maka kesabaran sangat dibutuhkan. Jika melakukannya dengan terburu-buru hasilnya pun tidak akan memuaskan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here