More

    Mahasiswa UNY Kembangkat Pompas Pestisida Semi Otomatis

    Ahmad Fauzan

    Mahasiswa UNY kembangakan Pompa Pestisida semi otomatis.
    Mahasiswa UNY kembangakan Pompa Pestisida semi otomatis. Foto : UNY

    YOGYKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitaas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan sebuah alat semprot pestisida otomatis. Mereka menamakanya waterman. Alat ini sebagai upaya meningkatkan kualitas hasil produksi padi.

    Mahasiswa UNY ini terdiri dari, Andi Setiawan, Roy Fernando, Rifki Ayu Ramadhani, dan Khoirul Putro. Mereka tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UNY.

    - Advertisement -

    Andi Setiawan mengatakan, beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Namun produksi beras kerap terganggu karena serangan hama. Salah satu upaya untuk mencegah hama tersebut adalah memberikan imunisasi pada tanaman seperti pestisida.

    Ia menjelaskan, saat ini alat yang digunakan untuk membantu penyemprotan pestisida dikenal dengan sebutan tangki penyemprot pestisida. Tangki tersebut memiliki sistem kerja pompa manual untuk memompa pestisida. Penggunaan alat ini memiliki keterbatasan yaitu hasil penyemprotan masih berukuran besar sehingga pestisida yang digunakan akan boros.

    Oleh karena itu mereka membuat waterman untuk meningkatkan kualitas hasil produksi padi. “Cara kerja waterman adalah menggunakan motor DC sebagai mesin pemompa pestisida, energi panas matahari yang ubah menjadi energi listrik oleh solar cell, kemudian disimpan di dalam accu. Energi listrik tersebut digunakan untuk menghidupkan motor DC yang nantinya akan digunakan untuk memompa air dari tangki ke pipa penyemprotan,” ujar Andi Setiawan.

    Sementara itu, Roy Fernando menambahkan bahwa alat ini terdiri dari berbagai bagian penting di antaranya adalah panel surya sebagai sumber energi yang ramah lingkungan, accu sebagai tempat penyimpanan energi, motor DC sebagai mesin utama dan tangki sebagai tempat menampung air.

    “Selain menggunakan energi terbarukan, waterman juga menggunakan energi yang ramah lingkungan. Untuk 1 tangki waterman memiliki kapasitas tampung sebesar 15 liter. Untuk menghabiskan 15 liter, waterman hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Waterman juga dilengkapi tombol yang dapat mengatur kecepatan semprotan di dalam pipa,”kata Roy.[]

    Sistem alat semprot pestisida yang merata dan efisien merupakan cara untuk menekan penggunaan pestisida yang berlebih.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here