More

    Mengenalkan Gamelan Lewat Gameland

    A. Fauzan

    Mahasiswa UNY kembangkan game gamelan untuk anak-anak. Dok : UNY
    Mahasiswa UNY kembangkan game gamelan untuk anak-anak. Dok : UNY

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari Indonesia. Alat ini merupakan ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong.

    Alat musik yang orkesnya kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok ini sudah banyak dikenal diseluruh dunia. Namun bagi anak muda gamelan masih dianggap alat musik yang kuno dan tidak modern.

    - Advertisement -

    Berangkat dari keinginan untuk mengenalkan dan menarik minat anak-anak Indonesia terhadap gamelan, mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan sebuah permainan interaktif dengan memanfaatkan teknologi komputer.

    Para mahasiswa itu adalah Saras Mareta Ratri dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Yosimi Ratna Puti Annisa, Ika Wahyu Wiranti, serta Galuh Yuliasih Condrosari dari Prodi PG-PAUD. Mereka menamakan gamei interaktif yang mereka buat dengan nama GamelanD.

    “Gamelan dapat mulai dikenalkan pada anak sejak Taman Kanak-kanak. Pengenalan gamelan paling baik jika anak langsung memainkan alat musik gamelan karena melibatkan semua organ sensoris dan motorik, “ ungkap Saras di laman UNY.

    Ia menjelaskan, game dimulai dengan sesi pengenalan, meliputi pengenalan suara, pengenalan nama, dan mencocokkan bentuk menggunakan model drag-and-drop. Adapun gamelan yang dikenalkan dalam GamelanD adalah bonang, saron, gong, slenthem, kenong, kempul dan kendhang. GamelanD menggunakan Lancaran Gugur Gunung laras pelog. Game ini juga memiliki sesia soal yang digunakan sebagai evaluasi pemahaman anak.

    Selanjutnya Saras mengungkapkan, permainan yang mereka buat berbasis flash ini sudah diujikan pada sisa TK Al-Amien Jetis Yogyakarta.  Setelah diteliti permainan ini memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam melatih kemampuan mengenal gamelan di Taman Kanak-kanak.

    “Ada perbedaan pengetahuan yang signifikan setelah menggunakan permainan interaktif GamelanD dalam tingkat kepercayaan 95%,” katanya.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here