More

    Tumbler Pintar Ini Bisa Memanaskan Sekaligus Mendinginkan

    A. Fauzan

    Tumbler pintar karya mahasiswa UGM. Dok. UGM
    Tumbler pintar karya mahasiswa UGM. Dok. UGM

    YOGYAKARTA, KabarKampus – Tumbler atau tempat air minum banyak digunakan oleh masyarakat untuk beragam aktivitas. Padatnya aktivitas manusia kadang membutuhkan tumbler yang praktis, tidak hanya bisa untuk menyimpan air namun juga memanaskan sekaligus mendinginkan.

    Dari tangan lima mahasiswa Fakultas Teknik UGM mewujudkan hal tersebut.Para mahasiswa ini adalah  Surya Dewi Puspitasari, Josua Hotasi Sitompul, Achmad Kunaryo Wibowo, Rochmat Sarifudin, dan Theodorus Tio Wibowo, mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Tumbler yang mereka buat merupakan tumbler portable yang dapat memanaskaan air sekaligus mendinginkannya.

    - Advertisement -

    Tumbler tersebut bekerja melalui portable yang dihubungkan dengan laptob. Inovasi mahasiswa ini merupakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta berjudul “Smart Tumbler : Tumbler Mungil dan Fleksibel dengan Pemanas Air Portabel”.

    “Ada fungsi ganda, bisa memanaskan sekaligus mendinginkan air,” papar Rochmat Sarifudin.

    Menurutnya, ide awal munculnya inovasi ini karena pengalamannya mengerjakan tugas kuliah hingga larut malam, sering lembur dan begadang. Ketika malam begitu dingin, dia ingin membuat sesuatu yang hangat tetapi tidak mau meninggalkan pekerjaannya yang selalu berhubungan dengan laptop. Smart Tumbler ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan tumbler lainnya karena selain praktis, juga bisa diisi ulang, ramah lingkungan, menjaga dan meningkatkan suhu.

    “Bisa dibayangkan kalau misalnya harus wira-wiri ke dapur karena akan membuat pekerjaan saya lama selesai. Apalagi ketika tidak punya dispenser,” imbuhnya.

    Rochmat menjelaskan, proses kerja Smart Tumbler ini sangat sederhana. Tumbler mampu memanaskan dan mendinginkan melalui input kabel USB pada laptop. Komponen utama yang digunakan di sini adalah Pielter Thermoelectric Cooler (TEC). TEC ini adalah komponen yang digunakan untuk memanaskan dan mendinginkan air. Desain Smart Tumbler yang menggunakan termos ini tentu memiliki kelebihan karena setelah air dipanaskan atau didinginkan juga dapat menyimpan suhu tersebut.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here