More

    Ingin Buat Kopi Enak? Ini Caranya

    Ilustrasi Tips membuat kopi. Foto : Mega Dwi Anggraeni
    Ilustrasi Tips membuat kopi. Foto : Mega Dwi Anggraeni

    Mega Dwi Anggraeni

    Suka kopi? Jika memang mengaku penikmat kopi, tidak ada salahnya untuk melakukan langkah tepat yang dianjurkan oleh para Q-Grader atau pencicip kopi di bawah ini.

    Gunakan kopi asli

    - Advertisement -

    Kopi asli ini biasanya tidak bisa didapatkan di warung seperti kopi sachet, tapi di toko-toko khusus. Hanya saja, bagi penyuka kopi tubruk sebaiknya membeli bubuk kopi yang digiling kasar. David mengatakan, tekstur tersebut akan mempengaruhi rasa kopi setelah diseduh.

    Air panas

    Untuk mendapatkan citarasa yang benar, sebaiknya tidak menyeduh kopi dengan dispenser karena suhunya hanya berkisar 80 derajat selsius. Suhu air panas yang tepat untuk menyeduh adalah 92 derajat selsius. Tidak boleh lebih, agar kopi tidak gosong. Jadi, seduhlah kopi dengan air yang dipanaskan di atas kompor. Setelah air mendidih, diamkan kurang lebih dua hingga empat menit untuk menurunkan suhunya.

    Takaran tepat

    Membuat kopi yang enak juga perlu takaran yang tepat. Para Q-Grader dan biasanya menggunakan takaran 1: 15  (satu gram kopi, 15 gram air)

    Hindari mengaduk kopi

    Setelah mendapatkan suhu yang diinginkan, seduhlah kopi. Jika mau, hirup dulu aroma kopi sebelum diseduh. Biasanya aroma kopi bubuk akan berbeda dengan kopi yang sudah diseduh. Selanjutnya, diamkan kopi selama empat menit. Sebaiknya, hindari mengaduk kopi jika ingin mendapatkan rasa yang tepat.

    Singkirkan busa

    Setelah empat menit, biasanya beberapa dedak kopi akan naik dan buih akan muncul. Bagian teratas dari kopi ini perlu disingkarkan secara perlahan dengan menggunakan sendok, selanjutnya akan muncul cairan kopi berwarna cokelat kehitaman. Dalam cairan itulah rasa kopi sesungguhnya akan muncul.

    Tidak menggunakan kopi sachet

    Kopi ini disebut-sebut tidak baik dikonsumsi. Menurut David Irawan Adiguna, salah satu Q-Grader Indonesia, rasa kopi yang terdapat dalam kopi sachet berasal dari ekstrak kopi, sementara kandungan kopinya sendiri sangat minim.

    Selahkan mencoba![]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here