More

    “Si Asep” Musuh Pencuri Sepeda

    Si Asep
    Si AsepSi

    Bila kamu masih khawatir dengan keamanan sepeda saat parkir di tempat umum. Kini tak perlu takut lagi. Pasalnya ada Si Asep yang siap menjaganya.

    Si Asep bukanlah nama seseorang, melainkan nama sistem keamanan untuk sepeda. Teknologi yang dibuat menggunakan smart card, yaitu sistem kemanan yang hanya dapat dibuka dan dikunci oleh pemilik sepeda yang yang memiliki smart card.

    Para mahasiswa tersebut adalah Fahmi Yukha Syifaudin, Kristiawan Devianto, Faisal Fajri, Fatimah Tri W, serta Sri Susanti. Mereka berasal dari program studi Elektronika dan Instrumentasi Fakultas MIPA UGM.

    - Advertisement -

    Fahmi menuturkan, sistem keamanan yang mereka kembangkan adalah dengan menyimpan ID pemilik sepeda pada database. Dengan begitu tidak sembarang orang bisa mengambil sepeda tersebut tanpa ijin dari pemiliknya.

    “Hanya pemilik sepeda dengan smart card-nya yang dapat mengunci kemudian membuka alat pengunci ini,” kata Fahmi.

    Ia menuturkan, sistem kemanan sepeda ini ditempatkan di tempat umum. Sehingga dapat digunakan oleh semua orang yang mempunyai sepeda dan smart card seperti eKTP atau KTM. Namun, saat sepeda sudah dikunci dengan smart card, sepeda tersebut hanya bisa dibuka kembali dengan smart card yang sama alias smart card yang dipakai sebelumnya.

    Adapun sistem keamanan sepeda ini hanya bekerja ketika sepeda diletakan di dalam pengaman. Saat pengguna mendekatkan smart card ke alat tersebut, maka Si Asep akan membaca data yang tersimpan dalam smart card dan menjadikannya sebagai pengunci alat.

    Pengguna juga diharuskan memasukan nomor ponsel ke alat ini, kemudian alat ini akan mengunci sepeda pada bagian frame dengan silinder besi yang digerakkan oleh servo dan dikunci dengan kunci magnetik. Dan pada bagian silinder pengunci ditempatkan konduktor yang berfungsi sebagai sensor jika pengunci dibuka paksa tanpa mekanisme smart card.

    “Jika terjadi pembobolan alat atau mekanisme penguncian maka alat akan menghidupkan sistem alarm dan  mengirim sms ke pemilik sepeda bahwa sepeda dalam keadaan bahaya,” pungkas Fahmi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here