More

    Atasi Pencurian Dengan Kunci Pintar Berbasis Android

    Cara kerja Kupindroid. Dok. UII
    Cara kerja Kupindroid. Dok. UII

    Kejahatan pencurian saat ini makin mengkhawatirkan. Bahkan seorang pencuri bisa membawa mobil atau motor curiannya dalam waktu hanya lima menit.

    Pencurian terjadi bukan karena tidak diamankan oleh pemiliknya. Namun bagi pencuri sistem keamanan konvensional dengan menggunakan magnet kendaraan bermotor mudah diatasi. Biasanya mereka mengatasinya dengan menggunakan kuci T, air keras dan kunci baja.

    Mudahnya para pencuri mengambil barang curiannya ini memantik ide sekelompok mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII). Mereka mengembangkan alat berupa kunci pintar berbasis sistem android.

    - Advertisement -

    Para mahasiswa tersebut adalah  Aryo Satrio Nugroho, Ulil Fawaaid, Muhammad Hafiz, dan Ahmad Jaka Priradidi, mahasiswa Teknik Mesin UII. Mereka menamakan sistem kunci pintar tersebut dengan Kupindroid alias Kunci Pintar Aplikasi Android. Alat ini dirancang untuk melindungi rumah maupun kendaraan bermotor.

    “Berdasar data statistik yang kami temukan, setiap 37 detik ada satu rumah yang dibobol pencuri di berbagai belahan dunia. Ini belum termasuk kasus pembobolan kunci sepeda motor yang juga kian marak terjadi. Oleh karenanya, kita membutuhkan sistem kunci yang mampu memberi perlindungan lebih baik lagi”, katanya Aryo Satrio, penggagas Kupindroid.

    Ia menuturkan, Kupindroid tersusun dari rangkaian mikrokontroler, bluetooth card untuk menerima dan memancarkan sinyal, dan motor servo untuk menggerakkan sistem kunci. Aplikasi Android yang dibuat kemudian dihubungkan dengan sebuah alat yang dapat mengakses motor servo pada kunci rumah atau akses keyless entry system pada mobil/sepeda motor.

    “Di sinilah, dibutuhkan ponsel yang telah bersistem android dan mendukung fungsi bluetooth untuk mengaktifkannya,” tambah mahasiswa asal kota Magelang tersebut.

    Menurut Aryo, ketika pengguna ingin membuka atau mengunci harta bendanya, mereka tinggal membuka aplikasi Kupindroid yang ada dalam ponsel yang telah terhubung lewat bluetooth dengan sistem kunci. Setelah itu, pengguna hanya tinggal memilih opsi ‘buka kunci’ atau ‘tutup kunci’ dalam menu aplikasi.

    Aryo berharap ke depan alat ini dapat semakin disempurnakan sehingga lebih efisien dan mampu bekerja melindungi barang berharga seperti rumah dan kendaraan bermotor dari tindak pencurian.[]

     

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here