More

    Buat Mahasiswa Ini 6 Tips Tinggal di Australia dengan Aman

    Australia Plus

    Sembunyikan barang berharga anda untuk menghindari perhatian yang tak diinginkan. (ABC Licensed: Josh Felise/Unsplash)
    Sembunyikan barang berharga anda untuk menghindari perhatian yang tak diinginkan. (ABC Licensed: Josh Felise/Unsplash)

    Ketika anda pindah ke negara baru, hal terakhir yang anda inginkan adalah menjadi korban pencopetan atau serangan yang tak beralasan. Kami kumpulkan beberapa tips dari kampus dan polisi tentang cara agar tetap aman hidup sebagai mahasiswa internasional di negara orang.

    1. Miliki strategi keselamatan
    Apakah anda pelajar baru atau seseorang yang sudah tinggal di Australia selama beberapa tahun -penting untuk memiliki rencana keselamatan jika anda berada dalam kondisi darurat.

    - Advertisement -

    Bagian kunci dari mengembangkan rencana keselamatan anda sendiri adalah memikirkan beragam situasi yang mungkin bisa anda hadapi. Akankah anda bekerja hingga larut malam untuk mengerjakan tugas? atau akankah anda berjalan sendirian di kegelapan? pikirkan semua skenario dan cari tahu bagaimana anda mungkin menghadapinya.

    Sementara anda mungkin berpikir bahwa sesuatu tak akan terjadi pada anda, penting bagi anda untuk siap jika sesuatu memang benar terjadi.

    2. Pahami lingkungan anda
    Pahami kampus anda dan lingkungan di sekitarnya. Hal ini paling baik dilakukan selama matahari masih bersinar sehingga anda tahu ke mana harus berjalan di malam hari.

    Hal yang juga penting untuk menemukan ‘tempat aman’ di lingkungan kampus anda -tempat yang bisa anda tuju jika anda mengalami masalah.

    Tak ada yang bisa mengalahkan pengetahuan lokal, jadi pastikan anda berbicara dengan beberapa pelajar lokal dan cari tahu di mana area teraman di kota anda dan area mana yang seharusnya anda hindari.

    3. Cari pengawal
    Jika anda harus mengerjakan tugas hingga larut malam di lingkungan kampus dan tak merasa aman untuk berjalan pulang sendirian -pastikan anda mendapat pengawalan.

    Sebagian besar universitas di Australia menawarkan pengawalan keamanan gratis bagi mahasiswa untuk memastikan mereka sampai ke tujuan, ke parkiran mobil atau ke halte transportasi publik terdekat dengan selamat. Layanan ini biasanya berlaku 24 jam -jadi kapanpun anda berada di universitas, anda bisa merasa aman dengan mengetahui bahwa petugas keamanan bisa anda hubungi dengan cepat.

    Penting bagi anda untuk mengetahui nomor telepon pihak keamanan kampus dan menunggu pengawalan tiba sebelum anda berangkat ke lokasi tujuan.

    4. Sembunyikan barang berharga
    Membawa barang berharga seperti ponsel atau laptop bisa membuat anda menjadi target pencuri yang ingin mendapatkan uang haram.

    Walau anda tak bisa menghindari untuk membawa barang berharga seperti ponsel -anda bisa memastikan bahwa anda tak pernah meninggalkan barang berharga anda tanpa diawasi dan mencoba untuk menyembunyikan mereka ketika tak digunakan.

    Lebih sulit anda membuat orang untuk mencuri barang berharga anda, semakin kecil peluang anda untuk menjadi target penculikan.

    5. Selalu berjalan di tempat yang terang
    Berjalan sendirian di malam hari terkadang bisa menakutkan dan sedikit berbahaya. Ketika berjalan di malam hari, cobalah untuk tetap berada di daerah yang terang.

    Anda mungkin tergoda untuk mencari jalan tercepat dengan melewati lorong yang gelap, tapi jika anda tetap berada di daerah yang terang anda semakin tak mungkin untuk menghadapi masalah.

    6. Tahu siapa yang bisa dikontak dalam kondisi darurat
    Walau tak ada orang yang ingin menjadi korban penculikan, pencopetan, atau penyerangan, penting bagi anda untuk tahu siapa yang bisa dihubungi ketika rencana tak berjalan semestinya.

    Pastikan anda memiliki nomor pihak keamanan kampus setempat dan menyimpannya di ponsel anda. Anda seharusnya juga menyimpan sederet nomor darurat lainnya di ponsel anda sehingga anda tahu siapa saja yang bisa dihubungi.

    Jika anda berada dalam situasi darurat dan butuh bantuan polisi, ambulan, atau pemadam kebakaran sesegera mungkin, maka anda harus menghubungi nomor 000 di Australia. Anda juga bisa meminta penerjemah kepada operator di nomor itu.

    Anda juga bisa mengunduh aplikasi Emergency + yang akan membantu anda menentukan siapa yang dihubungi dalam kondisi darurat dan memberi tahu lokasi anda kepada tim darurat untuk menolong anda secepat mungkin. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here