More

    Anak Rantau Cermati 3 Hal Saat Mencari Kos-Kosan

    NATALIA OETAMA
    Tahun ajaran baru sebentar lagi, maka tidak diherankan jika para mahasiswa baru mulai sibuk untuk mencari kos-kosan. Ada yang rela datang sebulan sebelum hanya demi mendapatkan tempat yang lebih baik dengan harga yang bersaing. Sebenarnya mencari kos-kos an ini ya gampang-gampang susah, kayak jodoh. Seperti jargon lama yang sering didegungkan “siapa cepat dia dapat!” , walau tidak sepenuhnya bener.

    Berikut 3 hal yang harus dicermati saat mencari kos-kosan :
    1. AMAN
    Kos-kosan itu layaknya rumah keduamu, tempat pulang dan merebah diri yang tentu sepantasnya mampu membuatmu merasa aman. Sebaiknya lakukan survey yang cukup detil sebelum menjatuhkan pilihan pada kos-kosan baru.

    Jika memungkinkan datang langsung untuk melihat keadaan gerbang, pintu dan jendelanya. Perhatikan juga kondisi sekitar. Nah, jika kamu tidak dapat melihat langsung kos-kosan tersebut, lakukan searching di internet. Bacalah cerita-cerita kehilangan yang pernah terjadi di sekitar kampusmu.

    - Advertisement -

    Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah memblacklist beberapa kosan yang sudah sering mengalami masalah keamanan tersebut. Tentunya akan lebih baik jika memiliki kenalan atau kakak kelas yang sudah terlebih dulu berkuliah di tempat itu, minta wejangan langsung dari ahlinya. Semurah apapun kos-kos an tentu nyawa-mu jauh lebih berharga.

    2. HARGA dan FASILITAS
    Kalau bicara harga, tentu masing-masing kamu punya budget yang berbeda-beda namun perhatikanlah fasilitas apa saja yang kamu dapatkan dengan harga yang tertera. Ini penting.

    Buat list pertanyaan yang ingin kamu ketahui dari setiap kosan baru yang kamu datangi seperti apakah harga tertera sudah mencakup uang listrik, uang laundry, uang parkir, uang gas, uang air, uang kemanan dan uang sampah?

    Beberapa kosan membatasi benda-benda elektronik yang boleh dibawa dan mengenakan tambahan biaya dengan ketentuan berbeda-beda. Ada juga kosan yang mejatah jumlah baju yang boleh dicuci setiap harinya. Beragam kosan, beragam pula peraturannya. Pastikan kamu tau persis fasilitas apa saja yang kamu bayar.

    Ini juga tentu bisa jadi pertimbangan penting ketika memilih. Oh, jangan lupa juga tanyakan metoda pembayaran. Beberapa kosan mengharuskan membayar kosan per 3 bulan, per 6 bulan atau bahkan ada yang per tahun. Sesuaikan dengan kantong dan keadaanmu.

    3. LOKASI
    Tak bisa disangkal kosan yang lokasinya sangat dekat dengan kampus pastinya dibandrol dengan harga yang aduhai. Begini, tak usah berkecil hati dulu. Hal penting yang perlu kamu cermati tentang lokasi selain jaraknya dengan kampus adalah ketersediaan warung makanan, laundry, toko kelontong, rute angkot, sinyal telepon atau mungkin pokemon.

    Cek sinyal telepon seluler yang kamu gunakan. Coba ukur dan pastikan kamu memang mampu berjalan kaki setiap hari untuk mencari makan dan menuju kampus dari kosan pilihanmu. Sering kali kita berpikir “akh tidak apa-apa, tidak terlalu jauh..” kita lupa jika hal tersebut dilakukan setiap hari bisa jadi menguras tenaga atau memang akan mampu membuatmu kurus.

    Pada akhirnya mencari kosan memang butuh penyelidikan yang detil dan terperinci. Seperti pasangan hidup, sebaik-baiknya proses pencarian ini memang dilakukan sendiri bukan diwakilkan pada teman atau kenalan, karena tentu saja penilaian mereka berbeda.

    Selamat berburu semoga beruntung!

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here