More

    UPI Bandung Gelar Isola Menari 12 Jam

    Frino Bariarcianur

    ILUSTRASI Tari UPI Bandung FOTO : BISNIS JABAR

    BANDUNG,KabarKampus—Dalam rangka memeriahkan World Dance Daya 2011, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurusan Seni Tari, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS)  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung akan menggelar “Isola Menari” selama 12 jam pada Jumat (18/11) di Kampus UI, Jl. Setiabudhi Bandung.

    Dalam siaran persnya, ketua pelaksana Isola Menari, Endang Rusmiati berharap kegiatan “Isola Menari” yang bertema “Dance For Me and For All” bisa mengokohkan kembali seni tradisi sebagai dasar dari kekuatan jati diri dalam memasuki era global. Sekaligus bertujuan menguatkan spirit berbangsa dan bernegara serta menjalin rasa kesetaraan, kebersamaan dan roleransi melalui dunia tari.

    - Advertisement -

    “UPI pun ingin membangun sebuah kegiatan yang membangkitkan kesadaran mahasiswa akan jati diri bangsa melalui dunia tari,” kata Endang.

    Endang juga berharap acara ini bisa dijadikan wadah untuk meningkatkan kreativitas kekayaan dunia tari, apresiasi masyarakat akan kesadaran keberagaman, serta wacana dunia tari sebagai bagian pengembangan wisata.

    Menurut rencana, kegiatan Isola Menari akan berlangsung selama 12 jam dengan melibatkan mahasiswa jurusan pendidikan seni tari FPBS UPI, mahasiswa jurusan pendidikan seni pasca sarjana UPI, K.I.G Dance Community, unit kegiatan mahasiswa (UKM) seni UPI, Teater Lakon, KABUMI dan ASAS.

    Ada juga kelompok-kelompok tari seperti Karoehoen Dance Community Fermorming Art, Starter Up, Galaksinongnong Art (Bandung), Cirebon People Universal (CPU) Dance Crew (Cirebon), Surabaya Stage Dance dari Surabaya. Dan sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi seni lain.

    Isola Menari merupakan bentuk penghormatan sekaligus memeriahkan World Dance Day 2011 yang jatuh pada tanggal 29 April setiap tahun. Hari Tari Internasioal ditetapkan oleh Unesco sejak tahun 1982. Tahun ini World Dance Day mengusung tema “Go Out to Dance.”

    Menurut rencana Isola Menari 12 jam akan dimulai pada hari Jumat, 18 November 2011, pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 19.00 WIB, dilanjutkan dengan pertunjukan kolosal dari KIG Dance Community. Acara dibuka dengan helaran kesenian tradisional Sunda sebagai pertanda dimulainya Isola Menari 12 Jam.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here